TribunPontianak/

Bagimana Aturan Harta Bersama

Apabila terjadi perselisihan antara suami-isteri tentang harta bersama,maka penyelesaian perselisihan itu diajukan kepada Pengadilan Agama

Bagimana Aturan Harta Bersama
TRIBUN FILE/IST
Uang Pecahan Seratus Ribu Rupiah 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Bagaimana sih aturan mengatur soal harta bersama bagi pasangan yang telah bercerai. Tolong tanayakan ke pihak terkait.
081345223xxx

Bisa Selesaikan di Pengadilan Agama

Terima kasih atas pertanyaannya. Berdasarkan UU RI Nomor 1 tahun 1974 tentang Perkawinan pasal 35 ayat (1), "Harta benda yang diperoleh selama perkawinan menjadi harta bersama."

Maka segala atau seluruh harta benda yang diperoleh selama perkawinan adalah harta bersama. Termasuk di dalamnya transaksi jual beli yang dilakukan oleh salah satu pihak ataupun keduanya, dengan syarat transaksi tersebut dilangsungkan selama masa perkawinan.

Berdasarkan hal ini, bapak atau ibu bisa menuntut bagian dari harta bersama tersebut di Pengadilan Agama (KMA RI Nomor 154 tahun 1991 tentang pelaksanaan KHI pasal 88) yaitu: "Apabila terjadi perselisihan antara suami-isteri tentang harta bersama, maka penyelesaian perselisihan itu diajukan kepada Pengadilan Agama."

Demikianlah penjelasan kami semoga bermanfaat bagi kita semua. Amin! Wallahu alam.

M Junaidi Ali SHI MSI
Penghulu Fungsional KUA Kecamatan Pontianak Tenggara

Penulis: Hamdan Darsani
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help