TribunPontianak/

Pertamina Sosialisasikan LPG Non Subsidi ke PNS di Ketapang

Alokasi terbesar pada minyak tanah lebih dari 50 persen. Kemudiaan program konversi minyak tanah ke LPG dimulai pada 2007 hingga akhir 2010.

Pertamina Sosialisasikan LPG Non Subsidi ke PNS di Ketapang
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/SUBANDI
Perwakilan Pertamina memberikan cidera mata kepada Asisten II Setda Ketapang di aula Kantor Bupati Ketapang, Jumat (19/5/2017). 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Subandi

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KETAPANG – Pertamina menyelenggarakan sosialisasi penggunaan LPG non subsidi bagi pegawai negeri sipil dan pelaku usaha di Ketapang. Kegiatan dilaksanakan di aula lantai tiga Kantor Bupati Ketapang, Jumat (19/5).

Dalam rilis pihak Pertamina menjelaskan sebelum pelaksanaan konversi minyak tanah ke LPG secara besar-besaran. Setiap tahunnya Pemerintah menganggarkan dana lebih dari Rp 50 Trilyun untuk mensubsidi Bahan Bakar Minyak (BBM).

Alokasi terbesar pada minyak tanah lebih dari 50 persen. Kemudiaan program konversi minyak tanah ke LPG dimulai pada 2007 hingga akhir 2010. Saat itu Pemerintah membagikan paket perdana berisi tabung gas berisi, kompor, regulator dan selang LPG.

Paket itu dibagikan sebanyak 44.675.000 ke seluruh wilayah Indonesia atau lebih dari 100 persen dari target. Penghematan yang berhasil dilakukan mencapai sebesar Rp 19,34 Triliun. Meski awalnya banyak yang menyangsikan akan berhasil.

Namun konversi minyak tanah ke LPG menjadi fenomena penting program konversi energi di Indonesia.

Baca: Ini Penjelasan Kontraktor Terkait Proyek Pengerjaan Jalan Nasional Ketapang-Siduk

Kemudian setelah 10 tahun berlalu kehadiran LPG 3 Kg menjadi bagian tidak dapat  dipisahkan dari kehidupan rumah tangga di Indonesia.

Tapi keberadaannya yang dimaksudkan untuk dapat membantu keluarga miskin dan usaha mikro ternyata dirasa masih belum optimal. Lantaran masih adanya kalangan keluarga maupun usaha menengah ke atas menggunakan komoditas bersubsidi ini.

Menjawab hal tersebut Pertamina Marketing Operation Region (MOR) VI mengajak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ketapang untuk menjadi agen perubahan dalam mensosialisasikan penggunaan LPG Non Subsidi.

Halaman
123
Penulis: Subandi
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help