TribunPontianak/

Dewan Desak Pemkab Ketapang Sikapi Kenaikan Harga Barang

Kita meminta Pemerintah melalui instansi terkait menyikapi dan mencarikan solusi terhadap persoalan ini.

Dewan Desak Pemkab Ketapang Sikapi Kenaikan Harga Barang
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/SUBANDI
Ketua DPRD Ketapang, Budi Mateus. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Subandi

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KETAPANG – Ketua DPRD Ketapang, Budi Mateus meminta Pemerintah Kabupaten Ketapang melalui instansi terkait mencarikan solusi terhadap kemungkinaan kenaikan harga daging ayam saat Ramadan dan menjelang Hari Idul Fitri 2017.

Ia menyampaikan hal ini menyikapi informasi dari Perwakilan Asosiasi Peternak Ayam Ketapang, Maniri. Bahwa harga bibit ayam daging di Ketapang saat ini sudah naik. Sehingga dipastikan harga daging ayam juga akan naik.

“Kita meminta Pemerintah melalui instansi terkait menyikapi dan mencarikan solusi terhadap persoalan ini. Jangan sampai harga daging ayam saat Ramadan dan Idul Fitri melonjak tinggi,” katanya kepada awak media di Ketapang, Jumat (19/5/2017).

Ia menjelaskan Pemerintah ada ruang untuk mengatur hal tersebut “Sekarangkan yang mengatur hal itu Dinas Pertanian Peternakan dan Perkebunan. Harusnya dinas itu yang membidangi membantu mencarikan solusi,” ungkapnya.

Baca: Pemkab Ketapang Imbau PNS Pakai LPG Non Subsidi

Dicontohkannya bantuan mungkin bisa berupa memberikan bibit, pakan ayam atau lain sebagainya.Bantuan tersebut dinilainya tentu sangat penting. “Kalau di Pusat misalnya dari Bulog membantu agar harga sembako turun dan sebagainya,” ucapnya.

“Jadi kita berharap Pak Bupati Ketapang melalui instansi terkait membantu menyelesaikan persoalan lonjakan harga daging ayam di Ketapang ini. Kita dalam hal ini pasti mendukungnya karena ini menyangkut kepentingan rakyat,” lanjutnya.

Ia memastikan saat Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri kebutuhan masyarakat khususnya Muslim terhadap daging ayam banyak. Sehingga ketersediaan stok kebutuhan seperti daging ayam dengan harga yang terjangkau oleh rakyat sangat penting.

“Jangan pada situasi menjelang Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri atau perayaan hari besar lainnya dimanfaatkan produsen untuk meraup untuk sebesar-besarnya. Jadi Pemerintah perlu mengatur dan mengawasinya,” tuturnya.

Ia berharap pada Ramadan dan Idul Fitri 2017 ini harga daging ayam dan kebutuhan pokok lain yang sudah naik menjadi normal kembali. “Paling tidak barang yang sudah terlanjur naik tidak semakin naik. Tapi turun lagi meski tidak seperti harga pada hari biasa,” harapnya.

Penulis: Subandi
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help