TribunPontianak/

Bupati Sintang Instruksikan Buat Aplikasi Pemantau Harga Pangan

Saya berharap teman-teman dari Dinas Ketahanan Pangan kembangkan satu sistem pemantauan real time harga pasar. Sehingga setiap hari kita bisa kontrol.

Bupati Sintang Instruksikan Buat Aplikasi Pemantau Harga Pangan
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/RIZKY PRABOWO RAHINO
Bupati Sintang Jarot Winarno memanfaatkan aplikasi Gencil yang dikembangkan Kota Pontianak untuk mengontrol harga-harga pangan di beberapa pasar tradisional Sintang saat inspeksi mendadak (sidak) ke beberapa pasar tradisional, supermarket dan agen sembilan bahan pokok (sembako) di Kota Sintang, Jumat (19/5/2017). 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Rizky Prabowo Rahino

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINTANG – Bupati Sintang Jarot Winarno meminta Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Sintang membuat sistem aplikasi yang mempermudah pemantauan harga kebutuhan pokok baik komoditas pertanian maupun pertanian di pasar secara real time.

“Saya berharap teman-teman dari Dinas Ketahanan Pangan kembangkan satu sistem pemantauan real time harga pasar. Sehingga setiap hari kita bisa kontrol,” ungkapnya saat diwawancarai awak media usai inspeksi mendadak (sidak) ke beberapa pasar tradisional, supermarket dan agen sembilan bahan pokok (sembako) di Kota Sintang, Jumat (19/5/2017).

Selain berfungsi memantau harga, keberadaan aplikasi juga akan membuat masyarakat menjadi kritis dan berperan mengontrol harga. Ketika dijumpai harga yang tidak sesuai, maka masyarakat bisa mengadu.

Baca: Stok Kebutuhan Pokok di Sintang Aman Hingga Lebaran

“Ya, masyarakat boleh mengadu. Kita ndak boleh malu bah. Kita bisa mencontoh Kota Pontianak dimana memiliki aplikasi Gencil yang digunakan untuk memantau harga barang kebutuhan pokok. Tadi saya sempat cek juga, harga sayur-mayur di Sintang tidak beda jauh, kecuali brokoli,” jelasnya.

Kota Pontianak bisa menjadi contoh lantaran peringkat satu terbaik untuk Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID). Aplikasi Gencil dipandang Jarot membantu sekali dalam mengontrol harga-harga pangan dan pengambilan kebijakan selanjutnya.

Penulis: Rizky Prabowo Rahino
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help