TribunPontianak/

Dwi: Pertumbuhan Ekonomi Meningkat, Tapi Tidak Sebesar Prediksi BI

Pertumbuhan akan ditopang oleh peningkatan ekspor dan konsumsi pemerintah.

Dwi: Pertumbuhan Ekonomi Meningkat, Tapi Tidak Sebesar Prediksi BI
TRIBUNPONTIANAK/MASKARTINI
Kepala Kantor Perwakilan Wilayah (KPw) Bank Indonesia Provinsi Kalbar, Dwi Suslamanto. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Maskartini

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Kepala Kantor Perwakilan Wilayah (KPw) Bank Indonesia Kalbar, Dwi Suslamanto mengaku optimis 2017 perekonomian Kalbar meningkat. BI memprediksi pertumbuhan ekonomi 2017 berkisar 5,19-5,59 persen.

BPS Provinsi Kalbar merilis pertumbuhan ekonomi Kalbar pada triwulan I 2017 sebesar 4,77 persen (yoy) meningkat dibandingkan triwulan IV 2016 yang sebesar 3,77 persen(yoy). Peningkatan ini didorong oleh sektor pertanian yang tumbuh 6,72 persen (yoy) dan perdagangan 4,70 persen(yoy).

"Menurut pengeluaran, pertumbuhan ekonomi triwulan 1 2017 didorong oleh pertumbuhan ekspor yang tumbuh 38,05 persen (yoy). Prediksinya searah, hanya levelnya BI lebih tinggi yakni 5,8 persen (yoy). Perbedaan ini dikarenakan pertambangan dan perdangangan tidak seperti yang diprediksi," ujarnya.

Sebelumnya pada tahun 2017, BI Kalbar optimis perekonomian Kalbar akan meningkat dengan perkiraan pertumbuhan pada rentang 5,19 persen hingga 5,59 persen. Pertumbuhan akan ditopang oleh peningkatan ekspor dan konsumsi pemerintah. "Produksinya meningkat tapi tidak sebesar prediksi BI," ujarnya.

Penulis: Maskartini
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help