TribunPontianak/

Bantuan Operasional RT/RW Kota Pontianak Naik 50 Persen

Dana yang digunakan untuk memberi tunjangan operasional itu, menggunakan dana APBD. Di Kota Pontianak terdapat 3020 RT/RW.

Bantuan Operasional RT/RW Kota Pontianak Naik 50 Persen
TRIBUNPONTIANAK/SYAHRONI
Wakil Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Syahroni

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Pemerintah Kota Pontianak, menaikkan nominal bantuan operasinal bagi RT/RW.

Wakil Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono, mengungkapkan kenaikannya sebesar 50 persen dari sebelumnya.

"Tahun ini memang ada kenaikan bantuan operasional yang diberikan pada RT/RW kita, kenaikannya 50 persen," kata Edi, Sabtu (6/5/2017)

Sebelumnya dana bantuan operasional bagi RT/RW dikatakannya sebesar Rp 1 juta dalam setahun. Namun tahun ini dikatakan Edi tunjangan menjadi Rp 1,5 juta.

Baca: 6 Fakta Aparat Terpaksa Adang Massa FPI! Nomor 5 Bikin Hati Lega

Dana yang digunakan untuk memberi tunjangan operasional itu, menggunakan dana APBD. Di Kota Pontianak terdapat 3020 RT/RW.

Dana sebesar Rp 1,5 juta itu untuk operasional selama satu tahun, karena menurut Edi Kamtono, kalau RT/RW juga perlu transportasi, administrasi dan sebagainya.

Selain itu pemberian dana juga menggunakan elektronik. Dijelaskan Edi bahwa dana yang biasanya diberikan langsung secara tunai pada RT/RW, maka tahun ini penyerahan uangnya melalui rekening bank.

"Kita juga sudah menggunakan e-money agar membiasakan masyarakat menyimpan uang dalam bentuk elektronik dan tidak uang tunai," ucapnya.

Baca: Three Art Cafe Pontianak, Hadirkan Cafe Mural Instagramable

Setiap RT/RW akan diarahkan untuk membuka rekening di Bank Kalbar, dan pengambilan uangnya melaui bank secara langsung.

Disampaikannya juga bahwa sosialisasinya sudah sejak tahun lalu, sedangkan tahun ini langsung penerapan sistem baru ini. un

"Sudah semenjak tahun lalu kita, melakukan sosialisasi program elektronifikasi penyaluran dana operasional kepada RT dan RW di Kota Pontianak ini," ujarnya.

Bahkan sewaktu sosialisasi dulu juga dilakukan penandatanganan perjanjian kerjasama antara Pemerintah Kota Pontianak, KPw BI Provinsi Kalimantan Barat dan PT BPD Kalimantan Barat tentang elektronifikasi tersebut.

Penulis: Syahroni
Editor: Marlen Sitinjak
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help