TribunPontianak/

Antisipasi Lonjakan Harga, Kalbar Masukkan Daging Beku dari India

Sedangkan daging sapi dijual Rp 90 ribu per kilo. Lalu untuk harga daging segar di pasar tradisional senilai Rp120-125 ribu per kilo.

Antisipasi Lonjakan Harga, Kalbar Masukkan Daging Beku dari India
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/DESTRIADI YUNAS JUMASANI
Pedagang menjual daging sapi segar di menjelang perayaan Idul Fitri, di Pasar Flamboyan, Pontianak, Kalbar, Senin (4/7/2016) silam. Daging sapi segar dijual pedagang hingga Rp 140 ribu per kilogram. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Ridhoino Kristo Sebastianus Melano

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Kepala Dinas Pangan, Peternakan dan Kesehatan Hewan Kalimantan Barat, Abdul Manaf, mengambil langkah guna mengantisipasi terjadinya lonjakan harga daging saat memasuki Ramadan hingga Lebaran 2017. 

Antisipasi itu dengan memasukkan daging beku. Bulog mendapat rekomendasi guna memasukkan daging beku dari India.

“Bulog sudah direkomendasikan untuk memasukkan daging beku. Apakah itu daging kerbau atau sapi,” katanya, Sabtu (6/5/2017).

Baca: Bulog Jamin Ketersedian Beras dan Gula di Kalbar Sepanjang 2017

Pemerintah juga sudah membangun kesepakatan. Itu tertuang dalam rapat bersama pelaku usaha yakni pedagang maupun peternak.

Kesepakatan itu ialah daging beku hanya dijual di supermarket dan kantor Bulog.
  
“Kami juga sudah meminta Bulog agar daging beku tidak masuk ke pasar tradisional,” kata Manaf. 

Jumlah daging beku yang akan masuk ke Kalbar sebanyak 24 ton. Jumlah itu dibagi dua, 12 ton daging kerbau dan 12 ton daging sapi. Daging kerbau dijual seharga Rp 75 ribu per kilonya.

Sedangkan daging sapi dijual Rp 90 ribu per kilo. Lalu untuk harga daging segar di pasar tradisional senilai Rp120-125 ribu per kilo.

“Ada selisih harga. Jadi silakan dipilih. Ingin daging segar silakan ke pasar tradisional. Mau daging beku silakan beli di supermarket,” kata dia. 

Halaman
12
Penulis: Ridhoino Kristo Sebastianus Melano
Editor: Marlen Sitinjak
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help