TribunPontianak/

Polisi Amankan Ratusan Kayu Olahan Hasil Hutan Diduga Ilegal

Kami mengamankan tersangka dan barang bukti, selanjutnya akan Berkordinasi dengan ahli BP2HP untuk melengkapi mindik

Polisi Amankan Ratusan Kayu Olahan Hasil Hutan Diduga Ilegal
ISTIMEWA
Barang bukti truk dan kayu di Mapolres Sambas, Kamis (5/5/2017) malam 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Raymond Karsuwadi

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SAMBAS - Polisi dari Sat Reskrim Polres Sambas mengamankan satu truk berisi ratusan kayu olahan hasil hutan tanpa dilengkapi surat dan keterangan sahnya hasil hutan, Kamis (4/5/2017).

Kasat Reskrim Polres Sambas, AKP Raden Real Mahendra menuturkan, Kamis (4/5/2017) anggotanya  mendapatkan informasi mengenai adanya pengangkutan kayu olahan dengan menggunakan Truk yang berasal dari daerah Kilometer 8 Jalan Raya Sajingan Kecamatan Sajingan Besar Kabupaten Sambas.

"Berdasarkan informasi tersebut, anggota Sat Reskrim Polres Sambas melakukan penyelidikan dan benar menemukan adanya 1 (satu) unit kendaraan Truk KB 9553 AE yang bermuatan kayu dari beberapa ukuran dan jenis, kemudian petugas menanyakan surat keterangan sahnya hasil hutan terhadap kayu yang sedang diangkut," ujarnya, Jumat (5/5/2017)

Saat diperiksa, pengemudi dan pemilik tidak dapat menunjukkannya sehingga terlapor dan barang bukti diamankan ke Polres Sambas untuk diproses lebih lanjut.

"Pasal yang di sangkakan adalah pasal 83 ayat (1) huruf b UU RI Nomor 18 tahun 2013 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Perusakan Hutan," ujarnya.

Saat ini telah diamankan satu unit mobil truk warna kuning nopol KB 9553 AE disertau Kayu dengan jumlah kurang lebih 100 potong kayu olahan berbagai ukuran dan jenis meranti dan rengas.

"Kami mengamankan tersangka dan barang bukti, selanjutnya akan Berkordinasi dengan ahli BP2HP untuk melengkapi mindik," ujarnya.

.

Penulis: Raymond Karsuwadi
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help