TribunPontianak/

Peringatan Hari Kartini untuk Menanamkan Jiwa Kepahlawanan

Hari ini semua anak didik kami memakai pakaian kebaya, ada juga pakai adat istiadat. Bahkan guru wanita memakai kebaya

Peringatan Hari Kartini untuk Menanamkan Jiwa Kepahlawanan
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID / ALFONS PARDOSI
Peringatan Hari Kartini di SDN 10 Ngabang, Jumat (21/4/2017) pagi 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Alfon Pardosi

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, LANDAK - Dalam memperinggati hari RA Kartini yang jatuh setiap tanggal 21 April. Seluruh pelajar tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), hingga Sekolah Menangah Atas (SMA)/Madrasah Aliyah (MA) Negeri melakukan apel upacara.

Selain itu, sekolah juga menggelar kegiatan yang berhubungan dengan wanita. Seperti yang dilaksanakan di SDN 10 Ngabang pada Jumat (21/4), tidak kalah meriah mengelar kegiatan fashion show yang diikuti anak didik dan gurunya. Namun sebelum acara, dilaksanakan apel upacara hari Kartini.

Dimana dalam apel tersebut, seluruh petugas apel dilakukan oleh guru wanita. Dari membaca acara, komandan upacara, pembawa bendera, doa, dan inspektur upacara (Irup). Tidak lupa juga dalam upacara tersebut, guru dan murid ikut menyanyikan lagu Kartini.

Kepala SDN 10 Ngabang, Mahardi Dionsius mengatakan, apel upacara peringati kelahiran Kartini setiap tahun memang selalu dilakukan. Karena pada tahun sebelumnya disaat kepala sekolah terdahulu, apel upacara peringati kelahiran Kartini juga selalu digelar.

"Hari ini semua anak didik kami memakai pakaian kebaya, ada juga pakai adat istiadat. Bahkan guru wanita memakai kebaya. Ini artinya apa, untuk kita generasi yang ada agar selalu ingat dan mengenang begitu besarnya jasa Kartini terhadap wanita Indonesia," ujarnya kepada wartawan.

Lanjut Mahardi, biasanya dalam memperingati hari Kartini sekolahnya menggelar napak tilas sekitar Kota Ngabang. Namun tahun ini kegiatanya beda, acara pertama apel upacara dan acara kedua acara pashion show. Kegiatan ini tidak lain untuk  pendidikan karakter anak.

"Terutama untuk lebih mencintai dan menanamkan jiwa kepahlawanan, sehinga ke depan anak didik kita mengerti dan mengamalkan nilai kepahlawannya untuk membangun bangsa dan negaranya," jelas Mahardi.

Sedangkan di SDN 03 Ngabang, ikut juga melaksanakan upacara apel di halaman sekolah mereka yang berada di Desa Raja. Tampak siswa memakai pakaian kebaya, bagi yang perempuan dan laki-laki ada juga yang mengunakan pakaian adat dan baju batik.

Siswa tampak gembira memperingati hari Kartini. Setiap tahun sekolah ini selalu memperintai hari kelahiran RA. Kartiini. Disekolah ini pun upacara dilaksanakan oleh guru-guru, dan sebagai peserta upacara siswa SDN 03 Ngabang.

Begitu juga dengan MAN Ngabang, tidak mau kalah memperingati hari kelahiran salah satu pahlawan perempuan Indonesia ini. Dengan kegiatan upacara dan perlombaan fashion show. Begitu juga dengan sekolah-sekolah lain di Landak

Penulis: Alfons Pardosi
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help