TribunPontianak/
Home »

Bisnis

» Mikro

Evolusi Jaket Parka dari Medan Pertempuran ke Fashion Kawula Muda

Jaket inipun telah berevolusi dari apparel khusus bagi para petempur di medan palagan ekstrim, ke jalan-jalan ibu kota

Evolusi Jaket Parka dari Medan Pertempuran ke Fashion Kawula Muda
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID / ISHAK
Karyawan Zhe Zha Distro berpose pamerkan jaket parka yang dijual di distro tersebut, Jumat (21/04/2017). 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak Ishak

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Army Style jadi satu dari gaya fashion populer kekinian. Terlihat dari banyaknya koleksi-koleksi pakaian yang dihadirkan mengusung gaya khas paramiliter ini.

Satu dari hots item fashion dengan Army Style ini, yakni jaket parka. Jaket inipun telah berevolusi dari apparel khusus bagi para petempur di medan palagan ekstrim, ke jalan-jalan ibu kota sebagai fashion pilihan kasual muda.

"Ada cukup banyak koleksi jaket parka yang dijual di distro kami. Semuanya dari brand-brand clothing terkenal," ujar karyawan Zhe Zha Distro, Liswani (24), Jumat (21/04/2017).

Mengupas sedikit tentang jenis jaket satu ini, ia mengungkapkan, jaket ini memang lahir dan tak lepas dari dunia militer. Terutama militer di belahan benua Eropa wilayah Balkan dan Kaukasus yang bersuhu dingin ekstrem.

Kemampuan utamanya, yakni menjaga kehangatan dari serangan suhu dingin ekstrem. Karenanya, tak mengherankan juga jaket parka ini kerap digunakan para pemburu di Kutub Utara ketika mereka melakukan perburuan.

Pada belahan utara bumi itu, jaket ini dibuat dari kulit binatang karibu yang merupakan binatang sejenis rusa. Kulit binatang ini terbukti dapat menghangatkan tubuh para pemburu walaupun suhu di Kutub Utara sangat ekstrim.

Jaket juga dilengkapi dengan bulu yang diletakkan di kerudung dan fungsinya tentu untuk menghangatkan tubuh terutama dibagian leher. Namun pada tahun 70-an jaket parka ini mulai digunakan untuk kegiatan militer.

Pada perkembangannya, parka mengalami kemajuan. Poliester, jadi bahan yang kerap digunakan untuk parka bagi pasukan di kedinasan militer berbagai negara termasuk Amerika Serikat.

Pada 1980-an jaket ini juga menjadi trend fashion di Inggris. Sehingga model jaket satu ini kian hari kian populer, termasuk ke Indonesia saat ini.

Halaman
12
Penulis: Ishak
Editor: Galih Nofrio Nanda
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help