TribunPontianak/
Home »

Video

Berita Video

Tak Mau Masuk Kandang Baru, BKSDA Sempat Kesulitan Evakuasi Meisy

Proses pemindahan satwa liar bernama latin Helarctos malayanus tidak mudah seperti yang dibayangkan.

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Rizky Prabowo Rahino

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINTANG - Meisy tak ingin pindah ke rumah baru. Kandang besi berukuran 1,5x1 meter bak istana baginya.

Cakarnya mencengkeram erat bilah-bilah besi kerangkengnya. Meisy seperti tahu betul dia tak ingin lepas dengan sang pemilik. Dia tak ingin pindah ke istana baru.

Ketika Satuan Tim Gugus Tugas Tumbuhan dan Satwa Liar (TSL) BKSDA, Seksi Konservasi Wilayah II Sintang akan mengevakuasinya di kediaman Linda, di Desa Kebong, Kecamatan Kelam Permai, Kamis (20/4/2017) sore. Beruang madu hitam berjenis kelamin wanita ini terus bergerak aktif ke kiri dan kanan. Meisy takut karena tidak seperti biasanya ramai manusia berkunjung.

Proses pemindahan satwa liar bernama latin Helarctos malayanus tidak mudah seperti yang dibayangkan. Tim perlu waktu sekitar satu jam agar Meisy mau pindah kandang.

Sebelumnya, Meisy dibujuk menggunakan tebu, jambu merah dan lepat ubi oleh Linda. Namun Meisy menolak, bahkan tim sempat rehat sejenak agar beruang seberat 40 Kilogram ini tenang. Akhirnya, upaya evakuasi berhasil ketika Meisy berhasil dibujuk Linda. 

Penulis: Rizky Prabowo Rahino
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help