TribunPontianak/

Pemkab Anggarkan untuk Pembangunan Jalan di Belitang

Karena kondisi cuaca, kondisi alam dan angkutan yang luar biasa, contohnya sawit tiap hari dilalui, kekuatan jalan tidak bertahan

Pemkab Anggarkan untuk Pembangunan Jalan di Belitang
ISTIMEWA
Truk Terguling saat melewati Jalan MuntikÔÇôKumpang Ilong, Nanga Ansar Kabupaten Sekadau, belum lama ini. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Ridho Panji Pradana 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SEKADAU - Rusaknya beberapa titik jalan di Sekadau, membuat Wakil Bupati Sekadau Aloysius, angkat bicara. Menurut Aloysius kondisi jalan yang rusak diperparah dengan musim hujan. Ia pun tak menampik banyaknya keluhan masyarakat mengenai kondisi jalan yang rusak.

Pemkab, lanjut dia telah menganggarkan untuk pembangunan jalan di Belitang dan pembangunan itu akan dilakukan secara bertahap.

Pihak perusahaan juga diharapkannya untuk turut serta memperbaiki kondisi jalan yang rusak tersebut sehingga arus transportasi berjalan dengan lancar.

Aloy mengatakan, pemerintah berkomitmen untuk terus membangun salah satunya infrastruktur jalan, dan untuk ruas jalan di Belitang tahun ini juga telah dianggarkan. “Cuma masih dalam tahapan, baik masa pelelangan, ini dan segala macamnya,” katanya.

Orang nomor dua di Sekadau ini menuturkan, mengenai ruas jalan Belitang, satu diantaranya di Muntik pihaknya juga telah meminta perusahaan untuk memperbaikinya.

“Karena kondisi cuaca, kondisi alam dan angkutan yang luar biasa, contohnya sawit tiap hari dilalui, kekuatan jalan tidak bertahan. Tidak sesuai dengan muatan yang ada,” jelasnya.

Menurutnya pula, perusahaan juga telah memperbaiki ruas jalan yang mengalami rusak parah.

“Terkait jalan, kalau minta masyarakat bersabar, mereka sudah lama bersabar. Tapi bagaimana masyarakat juga ikut memeliharanya, termasuk angkutan jangan membawa beban berlebih, kekuatan jalan hanya 8 ton, kalau bawa muatan hingga 10 ton habis lah,” imbuhnya.

Aloysius menegaskan, pemerintah telah menganggarkan untuk pembangunan jalan. Namun secara bertahap pemerintah akan membenahi jalan hingga ke kecamatan-kecamatan sehingga aksesnya menjadi lebih baik. “Nantinya bagaimana masyarakat menjaga sarana transportasi,” tukasnya.

Penulis: Ridho Panji Pradana
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help