TribunPontianak/

Nasir: Hari Kartini Sejarah Terwujudnya Keadilan Sosial Terhadap Kaum Perempuan

Mereka sejajar dengan kaum pria, namun tidak melupakan kodratnya sebagai perempuan

Nasir: Hari Kartini Sejarah Terwujudnya Keadilan Sosial Terhadap Kaum Perempuan
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/FILE
Bupati Kapuas Hulu, AM Nasir didampingi CEO Perkebunan Sinarmas Wilayah Kalimantan Barat, Susanto menandatangani prasasti peresmian fasilitas air bersih di Desa Mantan dan Desa Menapar, Kecamatan Suhaid, Kabupaten Kapuas Hulu, Rabu (13/10/2016) sore. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Sahirul Hakim

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KAPUAS HULU - Menghadiri kegiatan peringatan hari Kartini ke 138 tahun, di Rumah MABM Kapuas Hulu, Bupati Kapuas Hulu Abang Muhammad Nasir menyatakan tanggal 21 April adalah hari Kartini, yang selalu diperingati setiap tahunnya.

"Adanya hari Kartini bagian dari sejarah terwujudnya keadilan sosial terhadap kaum perempuan. Maka dari itu adanya kegiatan ini, harusnya menjadi momentum bagi kita semua, untuk saling menghargai sesama manusia," ujarnya, Jumat (21/4/2017).

Menurutnya, saat ini Kartini sudah berjuang untuk mendapatkan hak pendidikan yang setara dengan kaum pria, itu merupakan bentuk emasipasi perempuan.

Apa yang telah dilakukan Kartini menjadi esensi perjuangan, yang menjadi karakter perempuan Indonesia. "Mereka sejajar dengan kaum pria, namun tidak melupakan kodratnya sebagai perempuan," ucapnya.

AM Nasir menuturkan, sekarang perempuan sudah banyak menjabat jabatan strategis di pemerintahan atau legislatif seperti kepala dinas dan sebagainya, dan lembaga legislatif seperti anggota dewan, serta ada yang menjadi bupati dan wakil bupati atau menteri.

"Perempuan sekarang semakin dituntut, karena mereka sudah diberikan posisi yang berat, sehingga harus tangguh, dan berbudi luhur, mampu menjauhi bentuk-bentuk degradasi moral seperti seks bebas dan kegiatan negatif lainnya," ungkapnya.

Penulis: Sahirul Hakim
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help