TribunPontianak/

Haitami Salim Tutup Usia

Hingga Akhir Hayatnya, Haitami Salim Masih Mengemban Sejumlah Jabatan

Sampai akhir hayatnya, Haitami Salim masih mengemban tugas dari berbagai organisasi dan institusi.

Hingga Akhir Hayatnya, Haitami Salim Masih Mengemban Sejumlah Jabatan
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/SAHIRUL HAKIM
Kepala Kanwil Kemenag Kalbar, Syahrul Yadi. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Syahroni

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Kalimantan Barat, Syahrul Yadi, menyampaikan belasungkawa sedalam-dalamnya atas meninggalnya sosok ulama dan akademisi Kalimantan Barat, Prof M Haitami Salim.

"Ia seorang tokoh muda, intelektual dan ulama serta profesor muda," katanya.

Syahrul Yadi, baik secara pribadi maupun institusi merasa sangat kehilangan sosok tokoh masyarakat yang dinilainya konsisten memperjuangkan agama serta aqidah dan sangat toleran dalam hal sosial budaya.

Bahkan saat ini, sulit baginya mencari sosok yang serupa Alm Haitami Salim.

Baca: Aswandi Kenang Haitami Sosok Inspiratif, Bawa Umat Umroh dan Haji

"Saya aga sulit mencari orang seperti beliau. Kecerdasannya membuat orang segan sama dia, baik kawan maupun lawan. Saya sebagai teman juga selalu meminta pandangan dari beliau. Beliau adalah tokoh yang selalu saya mintai pandangan," kenangnya.

Satu di antara Inovasi besar yang dilakukan Haitami Salim menurut Syahrul Yadi adalah dimana Alm Prof Haitami Salim yang juga merupakan Keluarga Besar Pelajar Islam Indonesia Kalimantan Barat memperjuangkan IAIN yang dulu statusnya hanya STAIN.

"Haitami Salim ini juga dikenal sangat konsisten dalam mensiarkan agama dan ia tokoh pemberani. Ia juga tokoh di FKUB yang moderat dan ia juga punya prinsif adil dalam kebenaran terutama ia sangat konsisten ketika berbicara agama dan aqidah namun dalam sosial budaya Haitami Salim dikenal sebagai sosok yang sangat toleran," jelasnya.

Sampai akhir hayatnya, Haitami Salim masih mengemban tugas dari berbagai organisasi dan institusi.

Beberapa amanah yang diembanya hingga wafat adalah, Ketua Dewan Syuro Dewan Dakwah Islam Kalbar, Ketua Satu Yayasan Mujahidin, Sekjen FUI Kalbar, Pengurus di Muhammadiyah Kalbar, Sekum MABM Kalbar, dan beberapa yayasan serta lembaga lainnya.

Artinya sosok Haitami Salim diakui ketokohannya oleh umat di Kalbar. Seringkali ia diberikan kepercayaan dan dilibatkan untuk menyelesaikan persoalan yang ada di Kalbar.

Penulis: Syahroni
Editor: Marlen Sitinjak
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help