TribunPontianak/

Pariwisata Indonesia Diprediksi Menjadi Sektor Penghasil Devisa Terbesar 2019

Dampak devisa yang masuk juga lasngsung dirasakan oleh seluruh masyarakat,

Pariwisata Indonesia Diprediksi Menjadi Sektor Penghasil Devisa Terbesar 2019
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID / MASKARTINI
PLT Asisten Deputi Strategi Pemasaran Pariwisata Nusantara Kementerian Pariwisata, Hariyanto di Hotel Mercure Pontianak, Kamis (20/4/2017) 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Maskartini

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Pemerintah saat ini tengah gencar mendorong sektor pariwisata di Indonesia melalui berbagai program nyata. Hal ini dikarenakan pariwisata sebagai core ekonomy Indonesia memiliki banyak keunggulan kompetitif dan keunggulan komparatif. Hal bukan tanpa alasan, karena pariwisata disinyalir menjadi penghasil devisa terbesar tahun 2019.

PLT Asisten Deputi Strategi Pemasaran Pariwisata Nusantara Kementerian Pariwisata, Hariyanto mengatakan industri pariwisata diproyeksikan menjadi penghasil devisa terbesar di Indonesia yaitu 24 miliar dolar AS. Devisa tersebut akan melampaui sektor migas, batubara dan minyak kelapa sawit.

"Sektor pariwisata ini diprediksi akan menjadi penghasil devisa terbesar pada 2019 mendatang. Menariknya pariwisata merupakan satu-satunya sektor yang memberikan dampak kepada masyarakat. Dampak devisa yang masuk juga lasngsung dirasakan oleh seluruh masyarakat," ujar Hariyanto di Hotel Mercure Pontianak pada Kamis (20/4/2017).

Selain itu, pemerintah kata Hariyanto mengejar pariwisata menjadi sektor
terbaik di regional. Tahun 2019, pariwisata kata dia ditargetkan menjadi yang terbaik di kawasan regional bahkan melampaui ASEAN. "Pesaing utama kita adalah negara Thailand dengab devisa pariwisata lebih dari 40 dolar miliar AS, sedangkan negara lainnya saya rasa relatif mudah dikalahkan," ujarnya.

Apalagi hal yang cukup menggembirakan kata Hariyanto, country branding wonderful Indonesia yang semula tidak masuk dalam rangking branding di dunia, pada 2015 melesat lebih dari 100 peringkat menjadi rangking 47. Mengalahkan country branding truly Asia Maslaysia yang bertengger di peringkat 96.

"Country branding amazing thailand saja masuk rangking 83, artinya country branding wonderful Indonesia mencerminkan positioning dan differentiating pariwisata Indonesia. Hariyanto mengatakan Indonesia akan dapat memenangkan persaiangan ditingkat regional dan global, apabila seluruh kementerian yang ada bersinergi.

"Semua harus fokus mendukung core bisnis yang diterapkan. Indonesia sebagai tourism hub country harus menciptakan people to people relationship, maka diyakini trade dan invesment akan ikut tumbuh pesat. Setelah diterapkan sebagai core business negara, maka alokasi sumber daya terutama anggaran harus diprioritaskan," ujarnya.

Penulis: Maskartini
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help