O2SN dan FLS2N Wujud Pembentukan Karakter Generasi Muda

Melalui kegiatan ini, kami ingin anak-anak berperan nyata mewujudkan masyarakat sehat yang menjadi landasan sambut generasi emas.

O2SN dan FLS2N Wujud Pembentukan Karakter Generasi Muda
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA
Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia (SDM), Arbudin memukul gong tanda pembukaan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) dan Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat Sekolah Dasar se-Kabupaten Sintang di Gedung Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), Jalan M Saad Sintang, Selasa (18/4/2017). 

Citizen Reporter
Syukur Saleh
Kasubag Pemberitaan Humas Setda Sintang

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINTANG - Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia (SDM), Arbudin buka Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) dan Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat Sekolah Dasar se-Kabupaten Sintang di Gedung Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), Jalan M Saad Sintang, Selasa (18/4/2017).

Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia (SDM), Arbudin mengatakan O2SN dan FLS2N merupakan satu diantara wujud pembentukan karakter generasi muda.

Sesuai tujuan pendidikan yakni mengembangkan kemampuan peserta didik sejalan dengan visi pembangunan Pemerintah Daerah (Pemda) wujudkan masyarakat Kabupaten Sintang cerdas, sehat, maju, religius dan sejahtera.

Baca: Ferry: Tingkat Hunian Lapas Sintang Over Capacity 

“Melalui kegiatan ini, kami ingin anak-anak berperan nyata mewujudkan masyarakat sehat yang menjadi landasan sambut generasi emas tahun 2045 mendatang,” ungkapnya.

Perhelatan O2SN dan FLS2N diharapkan menjunjung tinggi fairplay dan semangat sportivitas. Kegiatan juga diinginkan bisa mengasah kecerdasan emosional dan intelektual seorang anak dalam bertanding.

“Saya menaruh harapan kepada seluruh peserta, ke depan menjadi duta olahraga yang bisa mengharumkan nama Sintang di tingkat regional nasional maupun internasional,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Kabupaten Sintang, Lindra Azmar menerangkan O2SN dan FLS2N merupakan pertandingan lomba olahraga dan seni yang dilaksanakan bergiliran mulai dari tingkat kecamatan, tingkat kabupaten dan tingkat provinsi.

“Dengan dilandasi nilai sportivitas. Pertandingan bertujuan kembangkan bakat seorang anak dan membina siswa dalam bidang keolahragaan agar jadi anak berprestasi di mulai sejak usia dini,” katanya.

Pertandingan juga memberi motivasi siswa gemari seni sejak usia dini, kembangkan jiwa sportivitas dan sikap fairplay, serta ciptakan pembinaan karakter terbaik bagi siswa-siswi yang dapat kedepankan olahraga dan seni secara optimal.

“Ini dapat menumbuhkembangkan pendidikan yang baik dan memiliki rasa nasionalisme,” imbuhnya.

O2SN dan FLS2N dilaksanakan selama dua hari mulai tanggal 18-19 April 2017. Cabang olahraga pertandingkan atletik, renang, bulutangkis, pencak silat, karate, baik putra maupun putri. Sedangkan di dibidang seni diantaranya nyanyi lagu tunggal, seni tari dan baca puisi pantomim.

Peserta yang ikut kegiatan O2SN dan FLS2N berjumlah 189 orang terdir dari atlet official dan pelatih berasal dari 10 kecamatan di Kabupaten Sintang yakni Sintang, Dedai, Binjai Hulu, Tempunak, Sepauk, Ketungau Hilir, Sungai Tebelian, Kelam Permai, Kayan Hulu dan Kayan Hilir.

Empat kecamatan tidak dapat hadir lantaran kondisi belum memungkinkan diantaranya Kecamatan Ketungau Hulu, Ketungau Tengah, Serawai dan Ambalau.

Penulis: Rizky Prabowo Rahino
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help