POSSI Mempawah Akan Ekplore Wisata Bahari Mempawah

Selain tetap mempertahankan prestasi sesuai arahan KONI Mempawah, namun juga mereka akan mengenalkan potensi wisata bahari

POSSI Mempawah Akan Ekplore Wisata Bahari Mempawah
ISTIMEWA
Dinas Pendidikan Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Mempawah saat mendokomentasikan keindahan bawah laut, belum lama ini. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Dhita Mutiasari

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, MEMPAWAH - Ketua umum pengurus POSSI Kabupaten Mempawah 2017-2021, Wawan Sudrajat mengatakan dibawah kepengurusan baru POSSI Mempawah akan berupaya meningkatkan prestasi dalam olahraga paling tidak mempertahankan prestasi sebelumnya.

"Selain tetap mempertahankan prestasi sesuai arahan KONI Mempawah, namun juga mereka akan mengenalkan potensi wisata bahari,"ujarnya ditemui usai dilantik, Rabu (5/4).

Lantas dikatakannya, tentu hal ini menyesuaikan dengan sumber daya, sarana dan prasarana yang ada. "Sesuai dengan peralatan kita yang belum memadai, kemudian sarana kita, setidak-tidaknya bisa mempertahankan hasil porprov kemarin," tambahnya.

Inilah keindahan alam bawah laut wisata bahari di kepulauan yang ada di Kabupaten Mempawah dalam eksplore belum lama ini.
Inilah keindahan alam bawah laut wisata bahari di kepulauan yang ada di Kabupaten Mempawah dalam eksplore belum lama ini. 

Tak hanya itu, yang menjadi fokus POSSI Mempawah adalah mengeksplore potensi wisata bahari yang diketahui di Mempawah memiliki banyak potensi pulau-pulau indah dan bagus dan tidak kalah dengan pulau-pulau lainnya.

"Cuma yang ada didekat kita memang karena posisi pulau dekat dengan daratan, sehingga visibility atau tingkat kejernihan air pada bulan-bulan tertentu memang agak rendah,"ujarnya.

Dimana di Kabupaten Mempawah memiliki 11 pulau. Kemudian dikatakan untuk pulau-pulau jauh juga tidak kalah dan memiliki kejernihan lebih baik. "Hanya sudah agak terlalu jauh yang memiliki visibility baik," tambahnya.

Kemudian dikatakannya, pihaknya akan membuat spot khusus untuk POSSI Mempawah. Diantaranya pulau yang ternyata memiliki keindahan alam bawah laut yang indah tersebut diantaranya pulau Temajuk, kemudian pulau Setinjan, pulau Datuk dan Pulau Damar.

"Dari hasil survey, ternyata hasilnya bagus, sementara untuk pulau lainnya terlalu jauh," tambahnya.

Dinas Pendidikan Pemuda Olahraga dan Pariwisata Mempawah bersama POSSI Mempawah melaksanakan survey wisata bahari di sejumlah pulau berpotensi wisata belum lama ini.
Dinas Pendidikan Pemuda Olahraga dan Pariwisata Mempawah bersama POSSI Mempawah melaksanakan survey wisata bahari di sejumlah pulau berpotensi wisata belum lama ini. 

Hanya saja untuk potensi terumbu karang disekitar pulau Datuk disayangkan karena beberapa diantaranya sudah mengalami kerusakan.

"Namun sepanjang garis barat pulau Setinjang masih memiliki potensi luar biasa, untuk ukuran Kalbar termasuk luar biasa potensinya,"jelasnya.

Diantara penyebab kerusakan terumbu karang ini adalah disebabkan bom ikan. Namun dalam upaya awal pelestarian terumbu karang ini pihaknya, juga telah melakukan upaya perbaikan diantaranya transplantasi terumbu karang dengan cara menanam kembali karang.

Maka dalam upaya pengenalan potensi wisata bahari ini pihaknya turut menggandeng Dinas Pendidikan, Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Mempawah, Mempawah Mangrove Center, dan sejumlah komunitas lainnya. 

"Kita gaet teman-teman semua, tour guide, untuk setidaknya memperkenalkan potensi wisata bahari,"jelasnya.

Penulis: Dhita Mutiasari
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved