Siswa Muslim Pontianak Masuk SMP Harus Pandai Baca Alquran

Pemerintah Kota Pontianak melalui dinas pendidikan, membuat syarat untuk masuk SMP harus bisa membaca Alquran.

Siswa Muslim Pontianak Masuk SMP Harus Pandai Baca Alquran
TRIBUNFILE/IST
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Syahroni

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Pemerintah Kota Pontianak melalui dinas pendidikan, membuat syarat untuk masuk SMP harus bisa membaca Alquran.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Pontianak, Mulyadi menuturkan bahwa tahun tahun ajaran baru nanti maka syarat tersebut akan diberlakukan.

"Kita mendorong agar semua siswa baragama muslim yang akan masuk SMP di Kota Pontianak harus bisa membaca Alquran," ujarnya, Selasa (21/3/2017).

Walupun diakui Mulyadi itu bukanlah syarat paling utama, tapi itu menjadi sarat yang dipertimbangkan untuk masuk di SMP.

Ia menghimbau pada orangtua untuk memperhatikan agar anaknya bisa mempelajari alquran dan bisa membaca alquran.

"Tentunya nilai baca quran sangat menentukan anak tersebut masuk SMP negeri yang ada. Tapi kalau nilai yang lain bagus tapi dia tidak bisa baca quran akan jadi pertimbangan untuk masuk. Memang bukan menjadi penentu utama tapi kalau dia bisa baca quran akan menjadi nilai tambah bahkan sangat dominan," jelasnya.

Ia tambahkan juga saat ini setiap sekolah jika ada anak murid yang terlambat jangan disuruh pulang melainkan harus disuruh membaca alquran.

Selain itu Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak mewacanakan akan mengelar hataman Al-Quran massal dengan peserta anak-anak yang rencannya akan memecahkan Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).

Mulyadi yang juga merupakan ketua LPTQ Kota Pontianak, mengatakan rekor Muri itu nantinya akan dipadukan dengan hari ulang tahun Kota Pontianak pada tahun 2017.

Diakui pihaknya terus menggalakkan agar masyarakat selalu rutin membaca Al-Quran terlebih pada anak-anak.

Penulis: Syahroni
Editor: Mirna Tribun
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help