TribunPontianak/

Sekda Kayong Utara Buka Jambore Kader Kesehatan Remaja

Dilihat dari tujuannya UKS sendiri bertujuan sangat mulia yaitu meningkatkan derajat kesehatan dan membentuk pola hidup sehat.

Sekda Kayong Utara Buka Jambore Kader Kesehatan Remaja
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/MUHAMMAD FAUZI
Sekda Kayong Utara Hilaria Yusnani membuka kegiatan Jambore Kader Kesehatan Remaja Kayong Utara, di pelataran Pantai Pulau Datok, Selasa (21/3/2017). 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak Muhammad Fauzi

TRIBUNPONTIANAK. CO. ID, KAYONG UTARA – Seketaris Daerah Kabupaten Kayong Utara Hilaria Yusnani buka kegiatan Jambore kader kesehatan remaja Kabupaten Kayong Utara tahun 2017, yang diselanggarakan oleh Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga. (PKK), di Pantai Pulau Datok, Selasa (21/3). Dalam hal ini Hilaria Yusnani yang juga mantan Kepala Dinas Pendidikan banyak menyinggung Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) yang merupakan bagian dari program peningkatan kesehatan anak usia sekolah yang berusia 6-21 tahun.

Lanjutnya, dalam prinsipnya penerapan usaha kesehatan di sekolah merupakan wahana untuk meningkatkan kemampuan hidup sehat dan derajat kesehatan peserta didik sedini mungkin dalam rangka meningkatkan prestasi belajar peserta didik.

Program usaha kesehatan sekolah yang dikenal dengan trias UKS yaitu pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan dan pembinaan lingkungan sekolah sehat merupakan hal yang sangat penting dalam mewujudkan peserta didik yang sehat dan cerdas.

Baca: Warga Kayong Utara Dambakan Pelayanan SIM

"Dilihat dari tujuannya UKS sendiri bertujuan sangat mulia yaitu meningkatkan derajat kesehatan dan membentuk pola hidup sehat. Pembinaan dan pengembangan usaha kesehatan sekolah adalah upaya pendidikan dan kesehatan yang dilaksanakan secara terpadu, terarah dan bertanggungjawab dalam menanamkan, menumbuhkan dan melaksanakan prinsip hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari,"jelas Hilaria dihadapan para undangan kegiatan serta peserta lomba dari masing-masing perwakilan Sekolah SMP,SMA, se- Kayong Utara.

Hilaria menambahkan, dalam pelaksanaan program UKS selama ini masih dirasakan belum sesuai dengan yang diharapkan.

Kegiatan pendidikan kesehatan lebih bersifat pengajaran, penambahan pengetahuan dan kurang menekankan pada segi praktis yang dapat diaplikasikan pada kehidupan sehari-hari. Pelayanan kesehatan pada peserta didik, sambung dia meliputi promotif (promosi), preventif (pencegahan), kuratif (pengobatan) dan rehabilitatif (pemulihan).

Sedangkan pembinaan lingkungan sekolah sehat lebih ditekankan pada lingkungan fisik, mental, dan sosial.

Disamping itu, koordinasi dalam pelaksanaan program belum terjalin dengan baik pada setiap jenjang tim pembina uks. oleh karena itu perlu pemberdayaan tim pembina uks dan tim pelaksana dalam rangka memantapkan pelaksanaan program uks ke depan.

"Agar dapat mewujudkan Sumber Daya Manusia yang sehat fisik, mental, dan sosial serta mempunyai produktivitas yang optimal diperlukan upaya-upaya pemeliharaan dan peningkatan kesehatan secara terus menerus yang dimulai sejak dalam kandungan, anak usia dini, sampai dengan usia lanjut,"terangnya.

Sekretaris Daerah Kabupaten Kayong Utara sangat berharap, dengan diadakan kegiatan ini dapat menjadi sumber informasi dan inovasi dalam pengembangan UKS. "Semoga saja melalui dapat menjadi sumber informasi dan inovasi dalam pengembangan UKS kedepan,"harapnya.

Penulis: Muhammad Fauzi
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help