TribunPontianak/

Kulminasi Akibatkan Sun Outage, Sinyal Handphone Anda akan Terganggu

Satelit geostasioner secara tetap akan mengalami dua kali Sun Outage setiap tahunnya.

Kulminasi Akibatkan Sun Outage, Sinyal Handphone Anda akan Terganggu
Stock Clips
Ilustrasi ponsel kehilangan sinyal. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Nasaruddin

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK -  Fenomena kulminasi yang terjadi di Pontianak beberapa hari terakhir, ternyata mengakibatkan gangguan komunikasi. Satu diantaranya adalah Sun Outage.

Sun Outage adalah kondisi yang terjadi pada saat Bumi, Satelit, dan Matahari, berada dalam satu garis lurus. Atau dengan kata lain, ini merupakan peristiwa gerhana satelit. Fenomena ini terjadi sekitar tanggal 20 Maret dan 23 September setiap tahunnya.

Sun Outage biasanya terjadi pada satelit buatan yang mengorbit Bumi secara geostasioner atau satelit yang mengorbit Bumi pada orbit geosinkron, yang tepat berada di garis khatulistiwa. Satelit geostasioner secara tetap akan mengalami dua kali Sun Outage setiap tahunnya.

Mengapa bisa terjadi? Thomas Djamaluddin, astrofikawan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) menuturkan, "Sun outage terjadi karena adanya interferensi radiasi Matahari, karena Matahari, satelit, dan Bumi berada pada satu garis lurus."

Sebagaimana yang dikutip dari Kompas.com, menurut Thomas, Sun Outage terjadi hanya beberapa menit, ketika sinyal dari satelit geostasioner terganggu oleh sinyal Matahari yang jauh lebih kuat.
"Gangguan akibat sun outage bisa terjadi pada siaran televisi satelit, jaringan komunikasi telepon, atau komunikasi data lewat internet," katanya.

Energi thermal yang dipancarkan Matahari pada saat Sun Outage mengakibatkan interferensi sesaat pada semua sinyal satelit, termasuk gelombang mikro frekuensi yang digunakan untuk berkomunikasi dengan satelit (C-band, Ku band, dan Ka band), sehingga satelit mengalami kehilangan komunikasi dengan stasiun Bumi, baik head-end/teleport maupun ground-segment biasa.

Intinya, jaringan internet akan mengalami gangguan selama 1 menit hingga 40 menit, yaitu kisaran pukul 11.00 hingga 12.15 setiap hari, selama periode tersebut.

Walau begitu, fenomena Sun Outage adalah fenomena tahunan biasa. Thomas mengatakan, masyarakat tak perlu menanggapi Sun Outage secara berlebihan. 

Penulis: Nasaruddin
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help