Dewan Dukung Rencana Pembangunan Pelabuhan Skala Besar di Ketapang

Ia mencontohkan seperti barang dari Pulau Jawa bisa langsung masuk ke Ketapang dan tidak perlu dibongkar lagi di Pontianak.

Dewan Dukung Rencana Pembangunan Pelabuhan Skala Besar di Ketapang
TRIBUNFILE/IST
Ilustrasi

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Subandi

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KETAPANG – Anggota DPRD Ketapang, Kasdi siap mendukung terhadap rencana pembangunan pelabuhan starategis skala besar khususnya untuk peti kemas di Ketapang.

Lantaran banyak manfaat yang bisa didapat jika ada pelabuhan skala besar tersebut.

Di antaranya jika ada pelabuhan peti kemas tentu akan mempermudah masuknya barang dari luar ke Ketapang.

Ia mencontohkan seperti barang dari Pulau Jawa bisa langsung masuk ke Ketapang dan tidak perlu dibongkar lagi di Pontianak.

“Kalau barang dari Pulau Jawa dibongkar dahulu di Pontinak baru dibawa ke Ketapang tentu akan menghabiskan biaya besar,” katanya kepada awak media di Ketapang, Selasa (21/3/2017).

Sedangkan jika ada pelabuhan peti kemas dan bisa langsung dibongkar di Ketapang.

Tentu menurutnya biaya oprasional mengangkut barang menjadi lebih ringan.

Dampaknya juga padaa harga barang yang akan lebih murah.

“Jadi jika memang wacana pembangunannya sudah ada. Maka Pemkab Ketapang harus mengambil peran dengan mempermudah pembangunan.  Misalnya melakukan mensosialisasikan kepada masyarakat sekitar,” ungkapnya.

Sosialisasi kepada masyarakat penting dilakukan karena tiap pembangunan tentu berkaitan sama masyarakat. Sehingga masyarakat paham akan dampak positif terhadap pembangunan itu dan diharapkan juga mendukunnya.

“Lantaran tidak menutup kemungkinan terhadap pembangunan ada pro dan kontra di masyarakat. Jadi Pemkab Ketapang  juga harus proaktif memperjuangkan wacana pembangunan tersebut,” tuturnya.

Ia menambahkan Pemkab juga harus mempermudah urusannya seperti perizinan agar pembangunan berjalan lancar.

Tapi tentu pengawasan dalam pembangunan tetap harus dilakukan agar terlaksana sesuai harapan.

“Kalau kita sangat mendukung dan siap membantu dalam hal ini. Misalnya terkait pembebasan lahan untuk pembangunan tentu akan kita mendukung dalam penganggarannya. Apalagi ini untuk membantu kemajuan Ketapang,” ujarnya.

Penulis: Subandi
Editor: Mirna Tribun
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help