Desa Mekarsari Jadi Percontohan Kampung KB

Kesuksesan dalam program KB ini tak terlepas dari upaya aparatur pemerintah desa, menerbitkan perdes larangan menikah pada usia dini.

Desa Mekarsari Jadi Percontohan Kampung KB
TRIBUN PONTIANAK/MADROSID
Pencanganan kampung KB di Desa Mekar Sari, Kamis (10/3/2016). Kampung KB ini dalam rangka mengajak masyarakat memiliki dua anak dan tidak nikah muda. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Madrosid

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KUBU RAYA - Desa Mekarsari menjadi desa percontohan sebagai desa Kampung KB. Setelah sukses dalam penerapan program KBnya pada seluruh masyarakat serta meniadakan terjadi pasangan nikah usia dini.

Kesuksesan dalam program KB ini tak terlepas dari upaya aparatur pemerintah desa, menerbitkan perdes larangan menikah pada usia dini.

Sehingga dalam beberapa tahun berjalan, dicangkan sebagai Kampung KB, saat ini dianggap layak dan diaulat menjadi Kampung KB percontohan, Selasa (21/3/2017).

Pendaulatan sebagai Kampung KB percontohan, dilaksanakan langsung oleh Dinas Pemberdayaan, Perempuan dan Penyuluhan Keluaga Berencana (DP3KB) Kubu Raya.

Hadir dalam acara ini, Plt Sekda Kubu Raya, Odang Prasetyo, Ketua Tim Penggerak PKK Kubu Raya, Hj. Endang Indrawati serta wakilnya.

Baca: Ketua PKK Kubu Raya Tinjau Pelayanan KB MKJP di Polindes Desa Mekarsari

"Dari kepesertaan masyarakatnya cukup tinggi di Desa Mekarsari ini terhadap program KB. Makanya sangat patut menjadi Kampung KB percontohan, dari rendah kesadaran masyarakat terhadap KB menjadi tinggi bahkan hampir 100 persen saat ini," kata Kepala DP3KB Kubu Raya Titus Nursiwan yang menghadiri pendaulatan Kampung KB percontohan di Desa Mekarsari.

Titus menerangkan sejak dulu program KB digaungkan besar-besaran pada saat orde baru.

Namun sempat menghilang sejak reformasi. Dan saat ini, mulai digaungkan kembali memberikan kesadaran pea masyarakat pentingnya KB.

Halaman
12
Penulis: Madrosid
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help