TribunPontianak/

Tips Mengenal dan Memilih Media Tanam Terbaik

Unsur hara yang dikandung kompos, katanya, terbilang sangat baik. Sehingga sangat mendukung pertumbuhan tanaman lebih optimal.

Tips Mengenal dan Memilih Media Tanam Terbaik
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISHAK
Karyawan Kartika Batu Alam Flora, tampak tengah mengolah kompos, Senin (21/03/2017). 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Ishak

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Ada tiga jenis media tanam alami yang umumnya digunakan untuk tingkatkan kesuburan tumbuhan. Pertama adalah kompos, kedua tanah bakar, dan ketiga pupuk kandang.

Masing-masing, punya kelebihan dan kekurangan. "Tergantung kebutuhan, tiga-tiganya bisa dipakai untuk tanaman," ujar pemilik Kartika Batu Alam Flora, Fendi, Senin (21/03/2017).

Kompos, katanya, jadi pilihan yang relatif sangat baik. "Karena dia sudah diolah terlebih dahulu. Sudah dicampur dengan beberapa unsur lain, sehingga lebih siap pakai," katanya.

Unsur hara yang dikandung kompos, katanya, terbilang sangat baik. Sehingga sangat mendukung pertumbuhan tanaman lebih optimal.

Baca: Kartika Batu Alam Flora Juga Tawarkan Media Tanam Berkualitas

Tanah bakar, katanya, juga cukup baik. Hanya saja kelemahannya, tanah bakar punya unsur hara yang relatif lebih rendah ketimbang kompos.

"Dia hanya tanah yang dibakar dengan beberapa komponen lain. Jadi kandungan unsur hara tidak setinggi kompos," timpalnya.

Sedangkan pupuk kandang, menurutnya sebenarnya sangat baik. Hanya saja, mesti melewati proses dan waktu yang cukup panjang.

"Pupuk kandang terbaik, dia musti lewati masa proses yang cukup panjang sampai jadi bahan yang baik. Sampai dia menyatu dengan tanah secara alami. Jadi bentuknya sudah seperti tanah, tidak seperti kotoran hewan lagi, itu baru bagus," jelasnya.

Fases hewan yang masih baru, katanya, justru tidak bagus jika langsung dipakai. "Kalau langsung, dia malah bisa mati tumbuhannya. Kotoran hewan yang masih baru itu panas," imbuhnya.

Tokonyapun katanya menyediakan ketiga jenis media tanam ini. Pupuk kompos, per kemasannya dijual sekitar Rp 20 ribuan, sedangkan tanah bakar sekitar Rp 15 ribuan per kemasannya.

Konsumen dapat pula memilih pupuk kandang sekitae Rp 15 ribuan.  "Kompos ukurannya kantong plastik 5 kg, tanah bakar dan pupuk kandang ukuran satu karung semen," pungkasnya.

Penulis: Ishak
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help