TribunPontianak/

Imigrasi Sanggau Mulai Proses Paspor CJH

Dikatakannya, pada 6 Maret 2017, berkas permohonan paspor calon jamaah haji baru dari Sekadau, Sintang dan Melawi, sedangkan Sanggau baru 15 orang.

Imigrasi Sanggau Mulai Proses Paspor CJH
TRIBUNPONTIANAK/HEND
Kasi Lalintuskim Imigrasi Kelas II Sanggau Muhammad Fabbe. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Hendri Chornelius

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SANGGAU - Kasi Lalintuskim Imigrasi Kelas II Sanggau Muhammad Fabbe menyampaikan, saat ini pihaknya sudah mulai memproses pembuatan paspor sekitar 318 calon jamaah haji (CJH) yang akan menunaikan ibadah haji tahun 2017.

Para CJH itu berasal dari empat Kabupaten yakni Sanggau, Sekadau, Sintang dan Melawi.

“Ada 318 pemohon paspor bagi calon jamaah haji tahun ini. Untuk Kabupaten Sanggau sebanyak 83 orang, untuk di Kabupaten Sekadau 46 orang, di Kabupaten Sintang 109 orang dan di Kabupaten Melawi bekisar 80 orang. Jumlah ini bisa saja bertambah,” katanya, Senin (20/3/2017).

Dikatakannya, pada 6 Maret 2017, berkas permohonan paspor calon jamaah haji baru dari Sekadau, Sintang dan Melawi, sedangkan Sanggau baru 15 orang.

“Untuk paspor haji target penyelesaian memang tergantung dari berkas yang diserahkan para calon haji melalui Kantor Wilayah Kementerian Agama masing-masing. Kalau tidak ada halangan dan kendala, insyaallah akhir maret ini semua paspor sudah selesai,” ujarnya.

Terkait persyaratan, lanjut Fabbe, CJH yang ingin mengurus paspor bisa menyerahkan dokumen berupa Kartu Tanda Penduduk, Kartu Keluarga, serta akta kelahiran atau ijazah atau surat nikah ke Kantor Imigrasi, yang selanjutnya akan memverifikasi berkas, mewawancarai, dan mengambil foto mereka.

“Selain itu, pemohon juga harus menyerahkan surat rekomendasi dari Kepala Kantor Kementerian Agama setempat dan tanda bukti setoran awal Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH),” terangnya.

Lanjutnya, untuk mempercepat proses permohonan paspor CJH ini, pihaknya juga sudah menggelar pertemuan dengan Kantor Kementerian Agama di empat kabupaten yakni Sanggau, Sekadau, Sintang dan Melawi.

“Pertemuan dengan Kantor Kementerian Agama dari empat kabupaten itu guna mempelancar koordinasi dan komunikasi. Sehingga semua proses pembuatan paspor berjalan lancar, tidak ada kendala,” tegasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Sanggau, Usman mengapresiasi rapat koordinasi yang dilaksanakan pihak Imigrasi bersama pihak Kantor Kementerian Agama.

“Saya berharap, rapat koordinas itu menghasilkan sesuatu yang dapat mempercepat dan mempelancar proses pembuatan paspor bagi calon jamaah haji di empat kabupaten itu,” ujarnya.

Dikatakan Sekretaris DPC Partai Demokrat Sanggau itu, dengan begitu saat pelaksanaan ibadah haji nanti tidak ada kendala dalam proses keberangkatannya.

“Karena dokumen-dokumen yang berkaitan dengan keberangkatan para calon jamaah haji ini harus dipersiapkan dengan baik, salah satunya paspor ini,” pungkasnya. 

Penulis: Hendri Chornelius
Editor: Mirna Tribun
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help