Citizen Reporter

Wabup Sekadau Buka Penilaian Lomba Desa Tingkat Kabupaten di Tabuk Hulu

Dikatakan dia, untuk itu rangkaian kegiatan lomba desa yang telah dilaksanakan merupakan salah satu upaya untuk mewujudkannya.

Wabup Sekadau Buka Penilaian Lomba Desa Tingkat Kabupaten di Tabuk Hulu
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA
Wakil Bupati Sekadau Aloysius, SH, M.Si membuka kegiatan penilaian lomba desa tingkat Kabupaten Sekadau 2017 di Desa Tabuk Hulu, Kecamatan Belitang Hulu, Rabu (15/3/2017). 

Citizen Reporter
Rilis Humas Pemkab Sekadau
Yusak Stani

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SEKADAU – Wakil Bupati Sekadau Aloysius, SH, M.Si membuka kegiatan penilaian lomba desa tingkat Kabupaten Sekadau 2017 di Desa Tabuk Hulu, Kecamatan Belitang Hulu, Rabu (15/3). Hadir dalam kegiatan tersebut jajaran OPD di lingkungan Pemkab Sekadau, Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sekadau Vixtima Heri Supriyanti Aloysius.

Dalam sambutannya, Aloy sapaan akarbnya mengatakan, berkembang dan cepat berkembangnya kategori sebuah desa setelah melalui evaluasi secara berjenjang dari tingkat desa dan kecamatan.

Dikatakan dia, untuk itu rangkaian kegiatan lomba desa yang telah dilaksanakan merupakan salah satu upaya untuk mewujudkannya.

“Pelaksanaan evaluasi perkembangan desa dan kelurahan didasarkan atas data dengan menggunakan instrumen pemantauan serta instrumen pengungkap data dan nilai perkembangan desa dan kelurahan,” ujarnya.

Baca: Dengar Aspirasi Masyarakat Sekadau, Mulyadi Dorong Pembangunan Desa

Dikatakannya, perlombaan desa dan kelurahan dilakukan berdasarkan pada hasil penilaian serta tambahan syarat memiliki profil desa dua tahun terakhir. Selain itu, memiliki peraturan desa tentang rencana pembangunan jangka menengah desa dan rencana rencana kerja pemerintah desa.

“Penilaian lomba desa tingkat Kabupaten Sekadau menggunakan instrumen pemantauan terdiri dari data dasar, pemerintahan, kewilayahan dan kemasyarakatan,” ungkapnya.

Ia mengatakan, dalam setiap ajang perlombaan, tentu semua berharap untuk dapat meraih prestasi. Namun, kata dia, bahwa juara bukanlah satu-satunya tujuan dari perlombaan tapi yang terpenting adalah bagaimana berkelanjutan program itu dapat dijadikan sebagai program bagi pemerintah desa dan masyarakat sehari-hari. “Sehingga hal itu dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Sekadau melalui Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarkaat dan Desa Kabupaten Sekadau Miki Hermanto, S.Sos dalam sambutannya mengatakan, untuk mengetahui efektivitas, tingkat perkembangan desa dan kelurahan, maju, kemandirian, berkelanjutan pembangunana, kesejahteraan serta ddaya saing desa melalui pembangunan Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah dan desa.

“Berdasarkan peraturan yang ada bahwa peserta lomba adalah desa dan kelurahan cepat berkembang yang berada dalam satu wilayah kabupaten atau kota,” ucapnya.

Dikatakan dia, berkembang dan cepat berkembangnya kategori sebuah desa setelah melalui evaluasi secara berjenjang dari tingkat desa dan kecamatan. Tentu, kata dia, sebagai bentuk penghargaan, Pemkab Sekadau akan memberikan penghargaan kepada dea yang menjadi juara pada lomba desa tingkat Kabupaten Sekadau.

“Desa yang menjadi pemenang juara pertama tingkat Kabupaten Sekadau akan mewakili Kabupaten diajang lomba desa tingkat provinsi Kalimantan Barat tahun 2017,” pungkasnya.

Penulis: Rivaldi Ade Musliadi
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help