Suzuki Belum Berencana Masuki Kategori 7 Seater di Kelas LCGC, Ini Alasannya

Jadi Konsumen berfikir, cukup tambah sedikit saja sudah bisa dapat City car

Suzuki Belum Berencana Masuki Kategori 7 Seater di Kelas LCGC, Ini Alasannya
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID / ISHAK
Unit Suzuki Karimun Wagon R dipajang rapi di showroom Suzuki Daya Motor Pontianak, Kamis (16/03/2017). 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak Ishak

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Mobil kategori 7 seater (tujuh penumpang) di kelas mobil murah ramah lingkungan (Low Cost Green Car - LCT), saat ini jadi satu dari tipe mobil yang cukup diminati pasar otomotif tanah air. Beberapa pabrikanpun lantas mengorbitkan beberapa tipe di kategori ini.

Namun, halnya dengan Suzuki. Pabrikan satu ini belum berencana masuki segmen baru di kelas LCGC ini.

"Sejauh ini, belum ada rencana produk baru di LCGC Suzuki," ujar Assistant Marketing Manager Suzuki Daya Motor Pontianak, Erlangga, saat dijumpai di sela-sela aktivitasnya bekerja, Kamis (16/03/2017).

Dengan demikian, praktis Suzuki hanya punya satu senjata saja untuk bertarung di kelas LCGC. Yakni Suzuki Karimun Wagon.

Keputusan Suzuki bertahan dengan tipe Karimun ini bukanlah tanpa alasan. Katanya, pihaknya cukup optimis bisa bersaing di kelas LCGC dengan mobil kompak satu itu.

Terlebih, katanya, berdasarkan riset yang didalami pihaknya, ada kencenderungan bahwa pasar mobil LCGC bergerak stagnan. "Kalaupun ada pergerakan progresif, itu tidak terlalu besar," katanya melanjutkan.

Konsumen, katanya, punya kecenderungan relatif lebih memilih mobil perkotaan (City Car) ketimbang mobil LCGC. "Sekarang ini, LCGC tidak bisa dikatakan lebih murah. Karena harganya sudah mendekati harga City Car normal," timpalnya.

Pada sisi lain, konsumen menurutnya paham betul bahwa City Car, punya nilai prestise lebih ketimbang LCGC sebagai mobil murah. "Jadi Konsumen berfikir, cukup tambah sedikit saja sudah bisa dapat City car," lanjutnya.

Alasan lain yang katanya cukup membuat pihaknya yakin mempertahankan Karimun, yakni adanya trend penjualan yang relatif lebih baik tipe satu itu. "Saat secara nasional penjualan semua tipe LCGC turun, Karimun justru penjualannya cenderung meningkat," imbuhnya.

Data ini, katanya, di dapat dari catatan yang dihimpun pihaknya selama kuartal pertama 2107 ini. "Lalu kami dibandingkan dengan kuartal pertama tahun sebelumnya, ternyata kuartal pertama 2017 lebih baik," pungkasnya. 

Penulis: Ishak
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help