Citizen Reporter

Jadikan Sosmedmu Sebagai Alternatif Dakwah

Dunia kini telah dan sedang berubah, bergulir dalam proses revolusi informasi dan komunikasi yang melahirkan peradaban baru...

Jadikan Sosmedmu Sebagai Alternatif Dakwah
KOMPAS/HANDINING
Ilustrasi 

Citizen Reporter
Bayu Anggara
Mahasiswa Teknik Informatika POLNEP

TRIBU PONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Teknologi di era globalisasi seperti sekarang ini telah mengalami kemajuan yang begitu pesatnya, beragam macam media komunikasi bersaing dalam memberikan informasi yang tanpa batas.

Dunia kini telah dan sedang berubah, bergulir dalam proses revolusi informasi dan komunikasi yang melahirkan peradaban baru sehingga mempermudah manusia untuk saling berhubungan serta meningkatkan mobilitas sosial.

Kehadiran media massa, seperti surat kabar, radio, televisi dan internet, sebagai komunikasi abad modern telah berpengaruh luas. Suatu pesan atau berita dapat dengan mudah diterima oleh masyarakat dalam waktu yang relatif singkat.

Beberapa tahun belakangan ini kita melihat perkembangan jejaring sosial semakin pesat. Sejak dari munculnya Friendster, FlickR, YouTube, Myspace, Koprol bahkan sampai yang booming hari ini seperti instagram, path, facebook, twitter, line, blackberry messenger, whatsapp dan lain sebagainya.

Semakin hari pengguna jejaring sosial tersebut meningkat dahsyat. Indonesia sendiri termasuk salah satu negara terbesar pengguna account Facebook dan Twiter. Hal ini memang tidak lepas dari perusahaan elektronik yang sengaja memanjakan masyarakat dengan aneka gadget terkini dalam produknya.

Selain itu, perusahaan telekomunikasi pun semakin bersaing dalam memberikan berbagai paket internet yang boombastis. Kondisi ini tentu menjadikan jejaring sosial makin diminati banyak orang.

Perkembangan teknologi memang sangat diperlukan. Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia. Memberikan banyak kemudahan, serta sebagai cara baru dalam melakukan aktifitas manusia.

Khusus dalam bidang teknologi masyarakat sudah menikmati banyak manfaat yang dibawa oleh inovasi-inovasi yang telah dihasilkan dalam dekade terakhir ini. Namun manusia tiudak bisa menipu diri sendiri akan kenyataan bahwa teknologi mendatangkan berbagai efek negatif bagi manusia.

Oleh karena itu, setiap kita yang menjadi aktifis dari kemajuan teknologi, sudah seharusnya menjadikan dan memanfaatkan kemajuan teknologi tersebut dengan mengisi hal-hal yang positif yang kelak akan berdampak baik untuk diri kita dan pembaca, ingatlah bahwa hidup ini tidak hanya untuk dunia saja, akan tetapi masih ada akhirat setelah kehidupan dunia, maka dengan memanfaatkan kemajuan teknologi sebagai media dakwah adalah hal yang benar, memberikan manfaat kepada manusia lain adalah perbuatan yang dicintai Allah, dengan mengajak kepada kebaikan dan mencegah perkara mungkar.

Halaman
123
Penulis: Syahroni
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help