TribunPontianak/

Faktor-faktor Yang Bisa Meningkatkan Risiko Batu Ginjal

Gejala batu ginjal adalah pegal atau nyeri pinggang yang hilang timbul dan gangguan berkemih

Faktor-faktor Yang Bisa Meningkatkan Risiko Batu Ginjal
NET
Ilustrasi 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID.COM, JAKARTA - Kurangnya asupan cairan, tinggal dan bekerja di daerah panas, asupan kalsium atau garam yang berlebihan, kurang gerak (imobilisasi), obesitas, riwayat batu ginjal sebelumnya dan asam urat tinggi menjadi faktor-faktor yang meningkatkan risiko batu ginjal.

Gejala batu ginjal adalah pegal atau nyeri pinggang yang hilang timbul dan gangguan berkemih.

Seperti nyeri berkemih, anyang-anyangan, dan urine keruh atau kemerahan.

”Perlu diwaspadai apabila batu ginjal dibiarkan membesar dan menyumbat aliran urine akan menyebabkan penurunan fungsi ginjal yang bersifat permanen," kata dr Marto Sugiono SpU dari selaku dokter spesialis urologi Siloam Hospitals Kebon Jeruk (SHKJ), Selasa (14/3/2017).

Ginjal adalah organ tubuh yang berfungsi untuk menyaring cairan dan membuang zat-zat sisa dalam darah dalam bentuk urine melalui saluran kemih.

Baca: Pesawat F16 Tergelincir dan Terbalik di Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru

Zat sisa berlebih (seperti kalsium dan asam urat) dalam urine dapat menjadi endapan kristal yang menumpuk dan mengeras sehingga membentuk batu ginjal.

"Batu ginjal adalah penyakit saluran kemih yang sering terjadi dengan prevalensi mendekati 20% dan terjadi pada usia produktif (20-50 tahun)," katanya.

Tentang penanganannya, selama ini obat-obatan yang diklaim dapat menghancurkan batu ginjal tidak dapat digunakan apabila batu ginjal berukuran lebih dari 5mm.

"Kini ada teknologo baru Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy (ESWL) yang menjadi solusi efektif dengan triple focus yang memiliki daya penghancuran batu ginjal lebih optimal; radiasi aman dan minimal serta hanya menimbulkan sedikit ketidaknyamanan,” jelas dr. Marto.

Halaman
12
Editor: Rizky Zulham
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help