Perkumpulan My Singkawang Gelar Lomba Video Berdurasi 60 Detik

Peserta boleh dari mana saja, tapi tema dan lokasi harus di Singkawang, mereka juga boleh kelompok atau perseorangan.

Perkumpulan My Singkawang Gelar Lomba Video Berdurasi 60 Detik
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/TRY JULIANSYAH
Ketua Panitia pelaksana, Frino Bariarcianur 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Try Juliansyah

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINGKAWANG - Perkumpulan My Singkawang menggelar lomba video berdurasi 60 detik bertema Kehidupan Nelayan dan Masa Depan Maritim Singkawang. Pelaksaan kegiatan ini berlangsung 15 Maret - 15 April di Kota Singkawang.

"Pendaftarannya mulai tanggal 15 Maret sampai 6 April dengan biaya 50 ribu untuk maksimal dua karya. Penjurian pada tanggal 9,10 dan 11 April, untuk malam anugrah tiga video terbaik 15 april," ujar Ketua Panitia pelaksana, Frino Bariarcianur, Selasa (14/3/2017).

Pada kegiatan ini panitia juga menggandeng juri dari Video Jurnalis dari Al-Jazeera dan dari TV Nasional. Untuk peserta juga dibebaskan menggunakan alat dalam pengambilan video.

"Peserta boleh dari mana saja, tapi tema dan lokasi harus di Singkawang, mereka juga boleh kelompok atau perseorangan. Untuk hasil karya akan dinilai oleh orang berkompeten di bidangnya, Bobby Gunawan dari Al Jazeera dan Yan Andria dari Trans Corp," ujar Frino, Selasa (14/3/2017).

Baca: Wisata Mangrov Singkawang Bakal Buat Kamu Happy

Dan untuk peralatan diakui olehnya bisa menggunakan alat apapun yang dapat membuat video. "Alatnya bebas, boleh DSLR, Mirrorless, Drone bahkan Handphone berkamera juga bisa," katanya.

Diakui oleh Frino tujuan dari kegiatan ini untuk memetakan potensi dan persoalan nelayan di Kota Singkawang. Melalui karya ini ia berharap potensi dan kreatifitas pecinta video dapat tersalurkan.

"Tujuannya kami gelar kegiatan ini untuk mewadahi mereka yang memiliki keterampilan di bidang video. Selain itu tentu saja ini bentuk kepedulian kami kehidupan dan permasalahan nelayan di kota Singkawang," tuturnya.

Ia juga berharap hasil video ini dapat dijadikan referensi bagi pemerintah dalam mengembangkan potensi maritim di kota Singkawang.

"Melalui karya-karya mereka ini tentu kami harapkan pemerintah dapat menjadikannya referensi dalam menentukan kebijakan di bidang maritim. Sehingga nelayan yang ada di Kota Singkawang dapat lebih berkembang dan bersaing dengan daerah-daerah lain," tutupnya

Karena menurutnya persoalan nelayan tidak hanya masalah hasil tangkapan tapi banyak hal lain diluar itu.

"Masalah mereka ini bukan cuma dari hasil tangkapan tetapi juga, teknologinya, wawasan, lingkungan dan ekonomi, kemandirian. Dan seluruh persoalan ini bersentuhan langsung dengan masyarakat yang menikmati hasil jerih payah mereka," ungkapnya

Dikatakan olehnya untum masyarakat yang berminat berpartisipasi pada kegiatan tersebut dapat menghubungi kontak pelaksana. "Untuk yang berminat bisa menghubungi Novi Saputra di 085386135205, di Web MySingkawang.Com, IG MySingkawang, atau Sekretariat PKBI Kota Singkawang, di jalan Bukit Barisan," tutupnya.

Penulis: Try Juliansyah
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help