Lina: Faktor Geografis Hambat Fasilitas Kesehatan

Di pinggiran rel itu banyak rumah dengan penghuni yang kondisi ekonominya memprihatinkan.

Lina: Faktor Geografis Hambat Fasilitas Kesehatan
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID / ANES VIDUKA
dr Lina Rosalyn 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Listya Sekar Siwi

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK – Menjadi seorang dokter sudah menjadi impian Dokter Puskesmas Purnama, dr Lina sedari kecil. Awalnya milih dokter karena dulu ia sering ikut ayahnya ke kantor dengan menggunakan kereta. Kok bisa?

“Di pinggiran rel itu banyak rumah dengan penghuni yang kondisi ekonominya memprihatinkan. Nah dari sanalah kemudian saya mau bantu ringankan orang-orang yang sakit. Alhamdulillah banyak kemudahan yang saya temui ketika mengenyam pendidikan,” terangnya.

Pengalaman pertama kedaerah sangat berkesan yaitu di daerah Terentang yang harus menggunakan klotok 5-8 jam melewati perairan. Ia mengatakan saat itu pada tahun 2005 di sana belum tersentuh fasilitas kesehatan yang memadai apalagi faktor geografisnya yang di air.

“Banyak tantangan ya di sana, untuk kedaerah yang jarak tempuh cukup jauh naik speed, listrik juga nyalanya Cuma malam, penerangan juga bisanya Cuma beberapa watt, banyak yang dilakukan sendiri seperti pernah kuret jam 12 malam dan pakai senter,ada juga bedah yang tangannya hampir putus. Banyak pengalaman di sana. Dan juga pengetahuan masyarakat yang kebanyakan berdasarkan pemikiran, seperti bebat pakai tanah jadi kita mau obati harus bersihkan tanah dulu baru di jahit,” katanya.

Seringnya menggunakan speed mengharuskan ia dapat mengendarai kendaraan ini. Melewati pepohonan yang rindang dan rawa-rawa pun sudah sering ia alami. Bahkan pernah hingga masuk ke semak-semak.

“Saya pernah kecelakaan masuk kesemak-semak. Karena itulah kemudian setelah itu saya pindah. Intinya sih masyarakat di sana saat itu belum terjangkau fasilitas kesehatan karena kondisi geografisnya,” kenangnya.

Penulis: Listya Sekar Siwi
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help