TribunPontianak/

Dua Tahun Bertugas di Puskesmas Purnama, Ini Penyakit yang Diderita Pasien

Penyakit-penyakit yang muncul yaitu penyakit metabolik seperti diabetes, hipertensi, serta obesitas

Dua Tahun Bertugas di Puskesmas Purnama, Ini Penyakit yang Diderita Pasien
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID / ANES VIDUKA
dr Lina 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Listya Sekar Siwi

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK – Dua tahun sudah dr Lina berada di Puskesmas Purnama. Banyak pula kasus yang tekah ditemukan, rata-rata yaitu penyakit yang disebabkan oleh bad habbit. Penyakit-penyakit yang muncul yaitu penyakit metabolik seperti diabetes, hipertensi, serta obesitas.

“Tingkat stres sekarang sudah mulai tinggi, penyakit kejiwaan juga banyak, malah infeksi yang justru menurun tetapi masih terjadi di daerah kumuh ini semacam lingkaran setan., Apalagi yang belum ada air ledengnya,” jelasnya.

Ia mengakui kini Puskesmas lebih banyak berkunjung kelapangan,menyelesaikan permasalahan keseluruhan bukan hanya diorang sakit saja. Petugas Puskesmas  datang memotivasi dan juga menganalisis permasalahan yang terjadi, misalnya ada gizi buruk kalau kota faktor ekonomi paling banyak ya.

“Kurangnya motivasi keluarga yang juga terjadi, karena sibuk bekerja. Justru tetangga yang peduli, hal ini karena tetangga lebih punya fasilitas. Biasanya kita turun kelapangan, masalah yang ada itu tak punya bpjs, tidak ada yang ngantar berobat, atau dia tidak ada motivasi sembuh. Pantau, motivasi pasien keluarga dan kader ditugaskan, pantau sampai selesai,” ujarnya.

Penulis: Listya Sekar Siwi
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help