TribunPontianak/

Hermanus Ajak Masyarakat Kubu Raya Perbaiki Gizi

Ia berharap berbagai pihak ikut terlibat dalam membangun pangan, gizi dan menggerakan masyarakat hidup sehat. Terutama dari pihak dinas terkait.

Hermanus Ajak Masyarakat Kubu Raya Perbaiki Gizi
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/MADROSID
Wakil Bupati Kubu Raya Hermanus melaksanakan tensi darah pada acara Hari Gizi Nasional (HGN) di halaman Kantor Bupati Kubu Raya, Jumat (17/2/2017). 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Madrosid

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KUBU RAYA - Pelaksanaan Hari Gizi Nasional ke 57, Pemkab Kubu Raya mengajak seluruh masyarakat senantiasa makan sayur dan buah setiap harinya guna memperbaiki gizi, dalam apel peringatan dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Kubu Hermanus, di halaman Kantor Bupati Kubu Raya, Jumat (17/2/2017).

Ia berharap berbagai pihak ikut terlibat dalam membangun pangan, gizi dan menggerakan masyarakat hidup sehat. Terutama dari pihak dinas terkait. Perbaikan gizi dalam rangka menuju kesejahteraan kesehatan masyatakat

"Kita harus bekerjasama dalam melaksanakan peningkatan gizi di masyarakat. Serta kepada masyarakat sendir, mari kita budayakan hidup sehat dengan melakukan aktifitas fisik setiap harinya minimal selama 30 menit. Selain itu, konsumsi sayur dan buah serta cek kesehatan secara rutin," ujarnya.

Baca: Pemkab Kubu Raya Diharapkan Memaksimalkan Teknologi

Hermanus mengatakan kondisi gizi masyarakat Kubu Raya, saat ini sudah cukup baik tapi tak menutup kemungkinan masih ada yang belum maksimal penemuhannya. Sehingga perlu terus diupayakan perbaikan mutu gizi masyarakat yang antara lain melalui perbaikan konsumsi makanan, perbaikan perilaku sadar gizi dan peningkatakan akses dan mutu pelayanan gizi.

"Sebab, Indonesia termasuk ke dalam 17negara diantara 117 negara yang mempunyai masalah gizi pada balita yang mengakibatkan stuting (pendek), wasting (kurus dan overweigh (gemuk). Tentunya disini masuk Kubu Raya yang perlu terus ditingkatkan masalah gizinya," ungkapnya.

Hermanus disamping meminta komitmen dan kerjasama lintas sektoral dan lintas program dalam membangun pangan, gizi dan gerakan masyarakat hidup sehat, dalam menyikapi berbagai penyakit yang mengancam. Peran media massa diharapkan pula dalam mempromosikan makan sayur dan buah serta meningkatkan aktifitas fisik masyarakat.

"Kita ingin Kubu Raya khususnya, tak ada masyarakat yang mengalami gizi buruk. Dan hal ini perlu kebersamaan kita. Dalam mensosialisasikan pelaksanaannya ke masyarakat. Karena banyak dari masyarakat tak mengerti terkait gizi ini," pungkasnya.

Penulis: Madrosid
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help