TribunPontianak/

Gizi Masyarakat di Kubu Raya Tergolong Baik

Makanya kita selau berupaya meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang konsumsi pangan untuk memenuhi kedaulatan pangan dan gizi.

Gizi Masyarakat di Kubu Raya Tergolong Baik
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/MADROSID
Wakil Bupati Kubu Raya Hermanus melaksanakan tensi darah pada acara Hari Gizi Nasional (HGN) di halaman Kantor Bupati Kubu Raya, Jumat (17/2/2017). 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Madrosid

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KUBU RAYA - Kepala Dinas Kesehatan Kubu Raya, Berli Hamdani mengatakan untuk kondisi gizi masyarakat Kubu Raya saat ini sudah tergolong baik. Namun hrus terus ditingkatka supaya bisa semakin baik.

"Makanya kita selau berupaya meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang konsumsi pangan untuk memenuhi kedaulatan pangan dan gizi. Serta berkomitmen dan kerjasama lintas sektoral dan lintas program dalam pembangunan pangan dan gizi," ujarnya.

Ia memparkan data hasil pemantauan status Gizi tahun 2016, Provinsi Kalimantan Barat Prevelensi balita Stunting/pendek sebesar 32% artinya 3 dari 10 balita mengalami Stunting. Gizi buruk 26% dan kurus 14,2% serta gemuk 4,7%, ibu hamil mengalami energy kronis sebesar 18,7%.

Baca: Hermanus Ajak Masyarakat Kubu Raya Perbaiki Gizi

"Sedangkan Kubu Raya prevalensi sebesar 25,3% artinya 2-3 balita Kubu Raya mengalami stunting, gizi kurang 20% dan kurus 12,9% serta gemuk 6,6% dan ibu hamil mengalami energi kronis 5,6% dan ibu hami anemia 11,2%. Masih adanya gizi kurang ini, diantara pemicunya adalah kurang makan sayuran," terangnya.

Untuk itu, Berli, mengimbau kepada seluruh masyatakat terutama ibu hamil dan menyusui serta balita agar bisa makan sayur. Rendahnya konsumsi sayur dan olahannya serta buah dan olahannya akan berdampak kurang baik pada tubuh dan rentan terkena penyakit.

"Hal ini dapat berpengaruh terhadap kurangnya suplay vitamin dan mineral yang diperlukan bagi tubuh. Makanya ini perlu menjadi perhatian masyarakat," pungkasnya

Penulis: Madrosid
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help