TribunPontianak/
Home »

News

» Jakarta

Ayo Ikut Bersihkan Masjid Istiqlal, Begini Caranya

Ia mengatakan kalangan pencinta alam bisa membersihkan menara masjid setinggi sekitar 90 meter dan kisi-kisi di Plaza Masjid Istiqlal.

Ayo Ikut Bersihkan Masjid Istiqlal, Begini Caranya
KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, - Gabungan Kelompok Pencinta Alam mengajak semua elemen masyarakat untuk ikut membersihkan Masjid Istiqlal, Jakarta. Kegiatan "Bersih-Bersih Masjid Istiqlal" itu akan diselenggarakan pada 11-15 Februari 2017 mulai pukul 07.00-17.00 WIB.

"Saya berharap pencinta alam (bisa ikut) karena tidak punya pretensi politik tertentu. Kemudian kami buka untuk semua kalangan, suku, agama untuk partisipasi. Tidak ada persoalan (dari kalangan apapun)," kata perwakilan penyelenggara Bersih-Bersih Masjid Istiqlal, Setyo Ramadi kepada KompasTravel saat ditemui di Jakarta, Rabu (8/2/2017).

Ia mengatakan kalangan pencinta alam bisa membersihkan menara masjid setinggi sekitar 90 meter dan kisi-kisi di Plaza Masjid Istiqlal. Sementara itu, kalangan masyarakat umum bisa berkontribusi sebagai tim support.

"Pada dasarnya, pekerjaan bersih-bersih menara itu membutuhkan keterampilan. Terutama yang sangat terampil itu (membersihkan) menara. Itu harus tersertifikasi. Kalau yang kisi-kisi, cukup punya kemampuan mengamankan diri sendiri," jelasnya.



ARSIP INDOROPE Gabungan Kelompok Pencinta Alam melakukan latihan sebelum acara Bersih-Bersih Masjid Istiqlal, Jakarta.

Adapun bagian Masjid Istiqlal yang dibersihkan di menara adalah bagian luar menara, antena, dinding, atap, lubang angin, dan bagian dalam menara berupa dinding, tangga, dan lantai. Sementara untuk bagian kisi-kisi adalah bagian stainless steel. 

"Untuk non-pencinta alam, pada bagian kisi-kisi, kami arahkan sedikit lalu kami ajarkan pengamanannya. Mungkin saja, mereka terlibat bersihkan kisi-kisi selama terjamin safety procedure-nya," tambah laki-laki yang juga anggota organisasi Mahasiswa Pencinta Alam Universitas Indonesia (Mapala UI) itu.

Ia melanjutkan, masyarakat juga bisa berkontribusi dengan membagikan makanan dan minuman.  Untuk kegiatan tim support, Setyo menambahkan peserta bisa membantu mobilisasi pergerakan logistik makanan atau membersihkan kain yang digunakan untuk membersihkan menara.

Bagi masyarakat yang ingin bergabung dalam acara Bersih-Bersih Masjid Istiqlal bisa menghubungi nomor telepon 087820591414 dan 081221727280. Masyarakat bisa menghubungi panitia dan mengutarakan jenis partisipasi yang akan diberikan.



KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Plaza Masjid Istiqlal, Jakarta.

"Nanti kami menyediakan tempat pendaftaran di lokasi. Kalau ada wisatawan asing dan lokal, mau daftar dan nanti kami kasih peralatannya dan silakan bergembira. Syukur bisa saling mengenal satu sama lain," tambahnya. 

Keinginan Gabungan Pencinta Alam membersihkan Masjid Istiqlal dilatarbelakangi atas memanasnya situasi politik. Ia mengatakan kondisi itu memicu pencinta alam melakukan kontribusi positif untuk keadaan tersebut.

"Lalu ingat, pencinta alam itu organisasi yang tak berpolitik. Jadi ingin berbuat sesuatu, lihat-lihat tanggal dan ada ulang tahun Istiqlal kemudian mau bersih-bersih. Sesederhana itu saja," ungkapnya.

Adapun yang sudah mendaftar untuk bergabung dalam acara ini adalah SMP Labschool, Unit Konservasi Fauna Institut Pertanian Bogor, Mapala UI, Wanadri, dan berbagai elemen pencinta alam.

Pihak penyelenggara menargetkan peserta hingga 200 orang.

Editor: Galih Nofrio Nanda
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help