Cap Go Meh

Meriahkan Cap Go Meh, Lima Tatung Beraksi di Terminal Sanggau

Pengamanan dilakukan sejak awal acara hingga puncak acara yang dilaksanakan pada malam hari.

Meriahkan Cap Go Meh, Lima Tatung Beraksi  di Terminal Sanggau
TRIBUNPONTIANAK/HENDRI CHORNELIUS
Atraksi tatung dalam perayaan Cap Go Meh di Kabupaten Sanggau, acara dipusatkan di komplek terminal opelet Sanggau, Sabtu (11/2/2017). 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Hendri Chornelius

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SANGGAU -  Sebanyak lima tatung memeriahkan perayaan Cap Go Meh di Sanggau, acara dipusatkan di komplek terminal opelet Sanggau, Sabtu (11/2).

Kasi Kesenian dan Tenaga Kebudayaan Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Sanggau, Dino Wijaya menyampaikan, Tatung-tatung tersebut didatangkan dari Pontianak yang tergabung dalam clivv group Pontianak.

Dino menjelaskan, acara perayaan Cap Go Meh dimulai pukul 14.00 Wib, dimulai dengan pawai budaya dan atraksi tatung. Selanjutnya, pada malam harinya akan dilaksanakan malam hiburan. Seluruh rangkaian acara.

Sementara itu, untuk pengamanan pada perayaan Cap Go Meh tahun ini, sebanyak 60 personil Kepolisian akan dikerahkan. Pengamanan dilakukan sejak awal acara hingga puncak acara yang dilaksanakan pada malam hari.

“Pengamanan ini melibatkan sabara, intel dan lantas, ” kata Kabag Ops Polres Sanggau, Kompol Ayin Nurrahman, disela-sela melakukan pengamanan.

Hadir dalam acara tersebut, Wakil Bupati Sanggau Yohanes Ontot, Kapolres Sanggau AKBP Donny Charles Go, Dandim 1204/Sanggau Letkol Arm I Putu Agung Sujarnawa, Ketua Pengadilan Negeri Sanggau, Ahmad Irfir Rochman, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Sudarsono, para tokoh Tionghoa, MABT, IKBM, Paguyuban , Camat Kapuas, para Lurah, dan sejumlah Anggota DPRD Sanggau.

Berbagai etnis dan lintas agama ikut memeriahkan perayaan Cap Go Meh 2568 tahun ini. Dengan pengawalan petugas Kepolisian berpatroli, peseta karnaval dan atraksi lima tatung diarak ke liling Kota Sanggau.

Masyarakat Kota Sanggau tumpah ruah menyasikan pergelaran karnaval tahunan ini. Hingga ke jalan raya. Akibatnya, sempat terjadi kemacetan diruas jalan. Namun aparat keamanan dari Sat Lantas Polres Sanggau langsung sigap dan mampu mengurai kemacetan.

Wakil Bupati Sanggau Yohanes Ontot menyampaikan bahwa perayaan Cap Go Meh tahun ini merupakan simbol keberagaman di Indonesia khususnya di Kabupaten Sanggau, karena kegiatan ini tidak hanya diikuti oleh etnis Tionghoa saja akan tetapi lintas agama dan lintas budaya.

Halaman
12
Penulis: Hendri Chornelius
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help