TribunPontianak/

Pengamat Ekonomi: Harus Diiringi Perbaikan Kualitas Wisata

Namun hal tersebut harus sudah dipersiapkan, digiring dan dikelola jauh hari sebelumnya agar menjadi persiapan parawisata lebih lanjut

Pengamat Ekonomi: Harus Diiringi Perbaikan Kualitas Wisata
TRIBUNFILE/IST
Pengamat Ekonomi Ali Nasrun.

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Ridho Panji Pradana

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Pengamat Ekonomi Kalimantan Barat, Ali Nasrun mengatakan dengan full bookednya tiket khususnya penerbangan pada saat perayaan Imlek dan Cap Go Meh merupakan menandakan cikal bakal pariwisata yang baik khususnya di Kota Pontianak dan Kalimantan Barat.

Namun Ali Nasrun mengatakan seharusnya dengan selalu full bookednya tiket penerbangan setiap tahun oleh para wisatawan harus di iringi dengan perbaikan kualitas wisata, dan harus disajikan aksi agar berkesan dan menjadi pariwisata yang berkelanjutan.

Agar para wisatawan yang sudah hadir di Kalbar, khususnya Kota Pontianak dapat kembali mempromosikan dengan rekan maupun temannya di daerah asalnya, karena suatu hal yang berkesan.

Namun hal tersebut harus sudah dipersiapkan, digiring dan dikelola jauh hari sebelumnya agar menjadi persiapan parawisata lebih lanjut, bagaimana mengembangkan jumla wisatawan yang hadir lebih banyak untuk kedepannya.

Karena menurutnya setiap tahun moment seperti Imlek dan Cap Go Meh jumlah wisatawan yang hadir tidak menunjukan peningkatan yang signifikan.

Ali Nasrun mengatakan dengan hal tersebut, akan meningkatkan geliat pertumbuhan ekonomi di Kalbar, seperti di perhotelan, penyewaan alat transportasi seperti mobil, dan tempat-tempat wisata yang ada akan dipenuhi oleh para wisatawan.

Mengenai harga tiket ketika moment seperti imlek dan Cap Go Meh, Ali Nasrun mengatakan pemerintah juga tidak bisa menekan harga tiket yang sudah diteraokan oleh pohak penerbangan, karena moment seperti inilah perusahaan-perusahaan penerbangan panen raya, dan sementara para calon wisatawan sudha pasti jauh-jauh hari menabung untuk pergi berwisata.

Menurutnya dengan begitu pemerintah harusnya meningkatkan fasilitas dan infrastruktur yang ada, seperti perluasan landasan bandara yang ada, seperti di Bandara Internasional Supadio sudah baik dengan perluasan bangunan namun harus diiringi dengan perluasan landasan penerbangan agar pesawat-pesawat yang berukuran lebih besar bisa masuk, maka dengan begitu akan menambah jumlah wisatawan yang akan hadir.

Selain itu juga akan menekan biaya tiket yang takutnya akan ada pasar gelap, kondisi penerbangan yang ada di Kalbar di yakininya sudah pasti melakukan ekstra flight atau penambahan jumlah penerbangan untuk memenuhi pesanan seperti acara Imlek dan Cap Go Meh yang berlangsung sekitar dua minggu, namun Ali Nasrun juga tidak dapat mengeelakan pelayanan dalam penerbangan yang berkurang karena sudah kepenuhan pesanan ataupun ekstra flight.

Ali Nasrun berharap Pemerintah dan pihak swasta dapat bekerjasama lebih baik lagi, harus ada dorongan agar dapat kedepannya dapat meningkatkan jumlah wisatawan yang akan kembali hadir serta ada kemajuan, Ia juga tidak tahu mengaku faktor apa yang menyebabkan jumlah para wisatawan yang hadir setiap tahunnya, tidak mempunyai peningkatan yang pesat.

Editor: Mirna Tribun
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help