Warga Merasa Terbantu Pelayanan Terpadu Isbat Nikah

Kami terbantu sekali dengan adanya isbat nikah ini. Dengan pelayanan ini kami bisa memiliki akta nikah yang legal dan sangat mudah.

Warga Merasa Terbantu Pelayanan Terpadu Isbat Nikah
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/MADROSID
Dua pasangan suami istri menunjukkan akta nikah di Gedung Serba Guna Desa Sungai Deras 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Madrosid

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KUBU RAYA – Warga merasakan manfaat isbat nikah sangat membantu dalam memiliki dokumen nikah melalui pelayanan terpadu isbat nikah yang dikoordinasi oleh Serikat Perempuan Kepala Keluarga (PEKKA) di Gedung Serba Guna Desa Sungai Deras, Selasa (27/12/2016).

"Kami terbantu sekali dengan adanya isbat nikah ini. Dengan pelayanan ini kami bisa memiliki akta nikah yang legal dan sangat mudah," kata seorang warga Desa Sungai Deras Yanto.

Dirinya telah beberapa tahun nikah dibawah tangan. Hingga mempunyai anak dua tak meliki buku nikah. Rencana mereka untuk membuat selalu terbendung dari banyaknya persyaratan dan tak adanya biaya untuk mengurus.

"Saat ada informasi isbat nikah ini, kami tidak menyia-nyiakan dan langsung mendaftarkan diri. dan akhirnya kami bisa memiliki akta nikah ini," tuturnya.

Baca: Pekka Gelar Isbat Nikah di Teluk Pakedai

Fasilitator Lapang PEKKA, Diana Lestary mengatakan pelaksanaan isbat nikah ini telah dilakukan sebelumnya sepuluh kegiatan di Kecamatan Sungai Raya, Desa Pal Sembilan dua kali, Desa Punggur Kecil dua kali, Desa Pinang Luar, Desa Dabong, Aula Kantor Camat Teluk Pakedai, Desa Sungai Belidak dan Desa Sungai Ambangah.

"Tujuan kita agar selurh masyarakat yang tidak memiliki ata nikah segera memilikinya,” kata Diana.

Selama 11 kali kegiatan, lanjut Diana, telah diikuti oleh 470 pasangan suami istri (pasutri). Namun tidak semua perkara yang diajukan itu dikabulkan oleh hakim. Setelah melalui sidang isbat, yang dikabulkan berjumlah 444 perkara. Sisanya ditolak, tidak diterima dan digugurkan.

“Dari perkara yang dikabulkan, telah diterbitkan 470 penetapan Pengadilan, 888 akta nikah untuk masing-masing suami istri dan 1.585 akta kelahiran. Bisa dibayangkan, betapa besar manfaat yang dirasakan warga dengan memiliki akta nikah dan akta kelahiran,” paparnya.

Penulis: Madrosid
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved