Ribuan Masyarakat Kubu Raya Tak Miliki Akta Nikah

Fasilitator Lapang PEKKA, Kalbar Diana Lestary, mengatakan banyak pasangan saat ini belum memiliki akta nikah.

Ribuan Masyarakat Kubu Raya Tak Miliki Akta Nikah
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/MADROSID
Petugas pelayanan terpadu dari Pengadilan Agama Mempawah menaiki motor air menuju Desa Sungai Deras 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Madrosid

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KUBU RAYA – Perempuan  Kepala Keluarga (Pekka) telah mendata ribuan pasangan di Kalimantan Barat tak memiliki akta nikah. Berlatar belakang hal itu, organisasi perempuan ini berkoordinasi dengan Pengadilan Agama dala melaksanakan pelayanan terpadu isbat nikah di sejumlah daerah.

Fasilitator Lapang Pekka, Kalbar Diana Lestary, mengatakan banyak pasangan saat ini belum memiliki akta nikah. Tercatat ribuan pasangan yang telah melaksanakan sidang isbat nikah.

“Jumlah warga yang tidak memiliki akta nikah dan akta kelahiran sangat banyak. Tidak hanya ratusan, tetapi ribuan. Kami mengetahui karena sering bertemu dengan warga. Yang sudah mendaftar dan belum kami laksanakan saja ada sekitar 300 pasangan suami istri,” ujarnya.

Baca: Pekka Gelar Isbat Nikah di Teluk Pakedai

Seluruh kegiatan pelayanan terpadu selama tahun 2016 dibiayai oleh APBD Kabupaten Kubu Raya. Untuk itu, ia berharap pihak eksekutif dan legislatif kembali mendukung pelayanan terpadu dengan anggaran APBD.

“Kalau warga memiliki akta nikah dan akta kelahiran, tentu pemerintah pasti senang karena untuk mewujudkan tertib administrasi kependudukan. Warga juga pasti senang karena mendapatkan manfaat dengan adanya identitas hukum itu,” pungkasnya.

Penulis: Madrosid
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved