TribunPontianak/

Tradisi Robo robo

Pj Bupati Landak Dukung Pagelaran Adat Budaya Robo-robo

Untuk itu Jakius berharap, gelar adat budaya Robo-robo yang digelar di Desa Karangan tersebut harus terus dilestarikan hingga ke anak cucu.

Pj Bupati Landak Dukung Pagelaran Adat Budaya Robo-robo
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ALFON PARDOSI
Pj Bupati Landak Jakius Sinyor bersama Muspika Kecamatan Mempawah Hulu saat menghadiri acara Robo-Robo di Karangan pada Rabu (30/11/2016). 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Alfon Pardosi

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, LANDAK - Pj Bupati Landak Jakius Sinyor memberikan dukungan penuh atas terselenggaranya pagelaran adat budaya Robo-robo yang setiap tahunnya dilangsungkan di Desa Karangan Kecamatan Mempawah Hulu.

Ungkapan tersebut dikatakan Jakius saat membuka pagelaran adat budaya Robo-robo ke XIV yang berlangsung dihalaman rumah adat Melayu Desa Karangan Kecamatan Mempawah Hulu, Rabu (30/11/2016).

Untuk itu Jakius berharap, gelar adat budaya Robo-robo yang digelar di Desa Karangan tersebut harus terus dilestarikan hingga ke anak cucu. Sebab gelar adat budaya Robo-robo itu ada sejarahnya, khususnya di Karangan.

"Dalam kegiatan ini kita memanjatkan doa tolak bala. Selain menolak bala bencana-bencana yang terjadi, ditolak juga persoalan-persoalan yang sekarang ini terjadi di Negara kita," ujar Jakius dalam sambutan.

Baca: Tradisi Robo-robo Juga Dapat Dijumpai di Nanga Pinoh Loh!

Selain itu dirinya berpesan, berkenaan dengan persoalan-persoalan yang saat ini terjadi di Indonesia. Meminta agar masyarakat Landak, khususnya di Desa Karangan tidak mudah terprovokasi.

"Makanya saya sangat setuju dengan adanya tema dari kegiatan gelar adat budaya Robo-Robo ini. Apa lagi kondisi Negara kita saat ini tengah diuji. Saya tegaskan, NKRI adalah harga mati. Kita adalah satu meskipun berbeda agama dan suku," tegasnya.

Sehingga Jakius berharap masyarakat harus bisa memaknai Bhineka Tunggal Ika. "Kita harus bersatu untuk mempertahankan NKRI, kita jangan terprovokasi dengan hal-hal yang tidak diinginkan," harapnya.

Penulis: Alfons Pardosi
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help