KPU Lakukan Pemutakhiran Data Pemilih

Tugas kita adalah terus melakukan pemuktakiran data pemilih. Saat ini pun sedang kita lakukan

KPU Lakukan Pemutakhiran Data Pemilih
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/SUBANDI
Jajaran KPUD Ketapang bersama awak media berbincang-bincang di rumah makan Hils, Rabu (30/11/2016).  

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Subandi

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KETAPANG -  Komisioner Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Ketapang, Ari As'ari membantah jika ada anggapan bahwa setelah Pemilu anggota KPU tak ada kerja. Lantaran pihaknya ada program-program yang tetap harus dilaksanakan meski tak sedang Pemilu.

“Tugas kita adalah terus melakukan pemuktakiran data pemilih. Saat ini pun sedang kita lakukan,” katanya saat jumpa bersama awak media di Ketapang, Rabu (30/11/2016).

Tujuannya agar ketika pelaksanaan seperti Pemilihan Gubernur (Pigub) 2018 pihaknya sudah memiliki data terkini pemilih. Misalnya jika ada warga yang meninggal tentu harus dihapus dari daftar pemilih pada Pilgub 2018 nanti.

Kemudian terhadap anak-anak yang umurnya sudah bertambah dan berhak memilih tentu haus sudah terdata masuk dalam daftar pemilih. “Jadi pemuktakhiran data pemilih tetap kita lakukan secara kontinu meski tidak Pemilu,” ucapnya.

KPUD Ketapang juga ada program untuk mengedukasi khususnya pemilih pemula. Di antaranya program go to school yakni pihaknya mendatangi ke sekolah-sekolah. Tujuannya menjaring pemilh pemula dan menjelaskan pentingnya demokrasi. 

Kemudian ada juga program rumah pintar Pemilu yang diresmikan pada Agustus lalu. “Rumah pemilu itu dibuka untuk umum. Jadi tak hanya anak sekolah saja yang boleh datang tapi semuanya termasuk orang tua,” ungkapnya. 

Pihaknya sudah mengundang beberapa komunitas untuk hadir menjelaskan apa tentang Rumah Pintar Pemilu. Ia berharap pemilih pemula yang duduk dibangku sekolah dapat mengetahui pentingnya berpartisipasi pada Pemilu.

“Kita imbau masyarakat membuat e-KTP. Karena sesuai regulasi baru yang bisa menggunakan hak pilih pada Pemilu kedepan adalah yang sudah memiliki E-KTP atau minimal sudah melakukan perekaman E-KTP,” tuturnya.

Ikuti kami di
Penulis: Subandi
Editor: Jamadin
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2016
About Us
Help