TribunPontianak/

Ingatkan Guru Tak Pungli, Pemkab Melawi Segera Bentuk Tim Saber

"Jangan ambil kebijakan yang berbau pungli, supaya tidak ada persoalan, hingga tim Saber menetapkan kriteria Pungli," ujarnya.

Ingatkan Guru Tak Pungli, Pemkab Melawi Segera Bentuk Tim Saber
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ZULKIFLI
Para guru saat menghadiri seminar HUT PGRI di Aula Pendopo Bupati Melawi, Selasa (28/11/2016). 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Zulkifli

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, MELAWI - Bupati Melawi Panji mengingatkan kepada guru untuk mencegah setiap tindakan yang berbau pungutan liar. Imbauan ini disampaikan Bupati di sela seminar hari ulang tahun Persatuan Guru Republik Indoenesia (PGRI) di aula Pendopo Bupati Senin (28/11/2016).

"Jangan ambil kebijakan yang berbau pungli, supaya tidak ada persoalan, hingga tim Saber menetapkan kriteria Pungli," ujarnya.

Bupati menegaskan Pemkab sangat mendukung dalam upaya memberantas Pungli disetiap lini. Namun disatu sisi ia tidak ingin pihak yang tidak bersalah kemudian menjadi korban.

"Maka kriteria pungli batasanya harus jelas.Maka kita akan bentuk tim Saber Pungli, Provinsi sudah ada dan beberapa tempat, termasuk kita siap. Nanti adalan semacam rapat menetapkan kriteria semcam SOP. Ini penting untuk penerapanya dilapangan," ujar Bupati.

Dijelaskan Bupati jika tidak ditetapkan kriteria Pungli, katakanlah dilingkungan sekolah, maka banyak kebijakan sekolah yang bisa saja dianggap salah. Padahal peruntukanya mungkin sangat baik.

Baca: Ketua Apindo Pontianak Sebut Pungli Menjadi Momok

"Misalnya tidak boleh pengadaan baju sekolah tidak boleh. Atau iuran SPP di sekolah tidak boleh. Kalau ini benar diterapkan, sekolah swasta bisa tutup atau bangkrut," ujarnya.

Maka dari itu ia berharap kepada pihak sekolah, untuk bersabar hingga tim Saber yang terdiri dari unsur Polres, Kejaksaan, Kodim dan sebagainya, menetapkan kriteria Pungli.
"Maka kita minta untuk sementara ini jangan melakukan perbuatan yang dapat ditafsirkan menajdi Pungli," tegasnya.

Bupati mengimbau kepada guru maupun sekolah untuk menatuhi nilai-nilai kebenaran. Dan setiap perilaku yang merupakan aktifitasm Pungli jangan dilakukan.

"Jangan sampai kita tidak ingin niat salah, mamun bisa terjerat hukum,"  tukasnya.

Kadisdik Joko Wahyono menimpali bahwa apa yang menjadi imbauan Bupati dapat dipatuhi bersama oleh guru, sehingga aktifitas pendidikan daoat berjalan tanpa ada kekhawatiran timbulnya pelanggaran hukum dan sebagainya.

Penulis: Zulkifli
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help