Sambut Sail Karimata, Dinas Sosial Bagikan Rp 500 Juta untuk Usaha Ekonomi Kreatif

Selain itu, Dissos Kalbar akan memberikan bantuan juga kepada 75 orang lanjut usia (Lansia) di Kabupaten Kayong Utara.

Sambut Sail Karimata, Dinas Sosial Bagikan Rp 500 Juta untuk Usaha Ekonomi Kreatif
TRIBUN PONTIANAK
Stan kerajinan tangan kerja sama antara PKBM FBI dan DATC di Pameran Produk Kreatif Daerah di PCC, Jumat (12/6/15). 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Menyambut Festival Sail Karimata bulan Oktober 2016 di Kabupaten Kayong Utara, Provinsi Kalimantan Barat. Dinas Sosial (Dissos) Provinsi Kalbar akan memberikan dana sebesar Rp 500 juta bagi 25 kelompok masyarakat KKU yang menerima bantuan usaha ekonomi kreatif.

"Masing-masing kelompok kita bantu modal usaha sebesar Rp 20 juta. Jadi jumlah total keseluruhan bantuan ke-25 kelompok Rp 500 juta,” ujar Kepala Dissos Provinsi Kalbar, Junaidi kepada wartawan, Minggu (14/8/2016).

Selain itu, Dissos Kalbar akan memberikan bantuan juga kepada 75 orang lanjut usia (Lansia) di Kabupaten Kayong Utara.

"Kita sudah mengajukan bantuan ke Kementerian Sosial, agar bisa memberikan bantuan sosial bagi masyarakat guna menyemarakkan program Sail Karimata," ucapnya.

Junaidi menyatakan, pihaknya sudah mengajukan bantuan ke Kementerian Sosial terkait peluncuran program penanggulangan kemiskinan, bantuan kelompok usaha bersama, dan bantuan bagi rumah tidak layak huni.

"Kita terus melakukan pembaruan data, bagi masyarakat Kayong Utara, yang penerima program Kartu Indonesia Sehat dan Indonesia Pintar. Nantinya akan kita sampaikan ke Kemensos. Dimana akan dibagikan langsung Pak Jokowi di acara puncak Sail Karimata nantinya," jelasnya.

Untuk menyukseskan kegiatan bertingkat nasional tersebut, Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Kalbar, juga melakukan persiapan kegiatan.

"Kita akan menggelar penanaman mangrove, dan transplantasi terumbu karang yang dilakukan di perairan Pulau Datok," ujar Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kalbar, Gatot Rudianto.

Tujuan dari penanaman mangrove dan transplantasi terumbu kranag menurut Gatot, guna mempercantik kawasan pesisir menjelang festival Sail karimata di Kabupaten Kayong Utara nantinya.

"Kita juga akan mendata sejumlah nelayan di kawasan itu. Dengan tujuan agar ikut terlibat dalam event nasional tersebut," katanya.

Penulis: Sahirul Hakim
Editor: Steven Greatness
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved