Peringati Hari Berkabung Daerah Kalbar

"Masyarakat juga kita himbau, untuk dapat bersama-sama mengenang dan memperingati hari berkabung daerah ini," tuturnya.

Peringati Hari Berkabung Daerah Kalbar
TRIBUN PONTIANAK/DOK
MAKAM MANDOR - Seorang warga Mandor memperhatikan monumen yang terdapat disekitar Makam Juang Mandor Kabupaten Landak, di sinilah sekitar 21 ribu nyawa melayang akibat pembantaian oleh Jepang.

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Memperingati Hari Berkabung Daerah Provinsi Kalimantan Barat, yang jatuh pada Selasa (28/6/202016). Pemerintan Provinsi Kalbar akan melakukan upacara ziarah di Makam Juang Mandor Kabupaten Landak.

"Acara ini berdasarkan Perda Nomor 5 tahun 2007 dan Peraturan Gubernur nomor 60 tahun 2013 tentang tata upacara hari berkabung daerah diwajibkan kepada warga masyarakat, BUMN, BUMD, Swasta dan Pemerintah Kabupaten/kota termasuk SKPD dan jajarannya," ujar Kepala Bagian Publikasi Biro Humas Setda Provinsi Kalimantan Barat, Emi Puterina kepada Tribunpontianak.co.id, Jumat (23/6/2016).

Dengan ini Emi mengimbau, kepada seluruh lembaga pendidikan baik negeri dan swasta, dari tingkat sekolah dasar sampai perguruan tinggi untuk memasang bendera setengah tiang pada Selasa (28/6/2016) dari pukul 06.00 WIB sampai dengan 18.00 WIB.

"Masyarakat juga kita himbau, untuk dapat bersama-sama mengenang dan memperingati hari berkabung daerah ini," tuturnya.

Sejarah singkat makam juang mandor pada tahun 1942-1944 pendudukan Jepang di Kalbar telah terjadi peristiwa pembunuhan besar-besaran secara keji dan kejam yang dilakukan oelh tentara Jepang terhadap tokoh-tokoh masyarakat, pemuka-pemuka masyarakat, kaum cendikiawan dan para pejuang yang tidak berdosa tepatnya pada tanggal 28 Rokutgatsu 2604 atau tanggal 28 Juni 1944.

Berdasarkan data surat kabar Jepang yang terbit di Pontianak "Borneo Shinbun" terbitan hari Sabtu tanggal 1 Sigatsu 2604 atau tanggal 1 Juli 1944 disebutkan sebanyak 21.037 Jiwa Korban pembunuhan massal yang dikuburkan di 10 buah makan di Mandor.

Penulis: Sahirul Hakim
Editor: Mirna Tribun
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved