Mako Yonkav Bakal Habiskan Rp 200 Miliar

Untuk materilnya akan ada 53 unit kendaraan tempur, yang di antaranya jenis medium tank

Mako Yonkav Bakal Habiskan Rp 200 Miliar
TRIBUN/HDI
Komandan Pusat Kesenjataan Kavaleri (Dan Pussenkav) Kodiklat TNI AD, Brigjen TNI Anang Dwitono melakukan kunjungan kerja ke lokasi pembangunan Markas Komando Batalyon Kavaleri (Mako Yonkav) 12 di Desa Peniti, Kecamatan Segedong, Kabupaten Mempawah, Jumat (23/10/2015). 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, MEMPAWAH - Komandan Pusat Kesenjataan Kavaleri (Dan Pussenkav) Kodiklat TNI AD, Brigjen TNI Anang Dwitono melakukan kunjungan kerja ke lokasi pembangunan Markas Komando Batalyon Kavaleri (Mako Yonkav) 12 di Desa Peniti, Kecamatan Segedong, Kabupaten Mempawah, Jumat (23/10/2015).

Kunjungan Jenderal Bintang satu TNI AD bersama rombongan tersebut didampingi Asren Kodam XII Tpr Kol Inf Tato Hadiyan, Kazidam XII Tpr Kol Czi Yoga dan Dandenkav 2/BC Mayor Kav Yudhi Prasetyo Purnomo SSos serta Kasi Penmedtak Pendam XII Tpr Mayor Arh MN Komarrudin.

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/HADI SUDIRMANSYAH 

Brigjen TNI Anang Dwitono Dan Pussen Kav Kodiklat TNI AD saat kunjungi lokasi pembangunan Batalyon Kavaleri Tank 12 Kodam XII Tpr di desa Peniti Kec Segedong Kab Mempawah.

Brigjen Anang menuturkan, nantinya batalyon ini berkekuatan  sekitar 431 prajurit TNI AD yang terdiri Prada hingga Komandan Batalyon berpangkat Letnan Kolonel.

"Untuk materilnya akan ada 53 unit kendaraan tempur, yang di antaranya jenis medium tank," kata Anang saat diwawancarai wartawan di sela-sela kunjungan kerjanya.

Pada kesempatan yang sama ia pun menuturkan, TNI AD berkeinginan batalyon khusus kendaraan tempur kavaleri ini selesai. Namun melihat kondisi riil di lapangan, terutama air yang akan menjadi sumber kehidupan para prajurit yang mendiami markas batalyon nantinya.

"Anggaran untuk membangun ini yang bersumber dari APBN, yakni hingga tahun 2019. Namun nantinya 2017 kendaraan tempur tersebut secara bertahap dan berbagai jenis sudah berada di sini," katanya.

Sementara Kazidam XII Tpr Kol Czi Yoga dan Asren Kol Inf Tato Hadiyan, menambahkan, Pembangunan Batalyon Kavaleri Tank 12 Kodam XII Tanjungpura di Desa Peniti ini pelaksananya adalah PT Alam Kapuas Persada.

Pembangunan di lahan sekitar 50 hektare ini dimulai tahun 2012 hingga 2019. Sejak 2012 hingga 2015 sudah menyerap anggaran APBN sekitar Rp 40 miliar. Dengan total keseluruhan sekitar Rp 200 miliar. 

"Hingga tahun 2015 sudah memasuki pembangunan tahap empat yakni sekitar 30 persen di kekuatan pangkalan. Di antaranya beberapa rumah dinas dan barak, gedung perkantoran 78 persen, fasilitas pendukung garasi tank ada 5 unit dan satu unit garasi kendaraan," jelasnya.

Sedangkan kebutuhannya diperlukankan tujuh bangunan untuk garasi tank dan empat bangunan garasi untuk kendaraan yang nantinya akan menampung 53 unit kendaraan tempur.

Lanjutnya nantinya pada tahap ke lima pada tahun depan, dalam anggaran nantinya akan ada pembangunan fasum yakni di antaranya aula, poliklinik, sarana olahraga dan gedung pendidikan atau sekolah, serta fasilitas latihan untuk prajurit yakni lapangan tembak.

Penulis: Hadi Sudirmansyah
Editor: Arief
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved