TribunPontianak/

Pekerja Pasang Lima Kubah Masjid Agung Al-Muawwanah

Ada tujuh kubah, artinya ada tujuh brand image Sanggau

Pekerja Pasang Lima Kubah Masjid Agung  Al-Muawwanah
Haryanto
Para pekerja tampak sibuk menyusun satu persatu material kubah masjid terbesar di Kabupaten Sanggau, Masjid Agung Al-Muawanah, Kamis (6/11/2014). 

PEKERJA  tampak sibuk menyusun satu persatu material kubah masjid terbesar di Kabupaten Sanggau, Masjid Agung Al-Muawanah, Kamis (6/11/2014). Ada lima kubah dari tujuh kubah yang dipasang oleh pekerja.Empat kubah di empat sudutnya, kemudian satu di tengah. Dua lainnya, akan di pasang di sudut kanan-kiri di depan masjid.

Ketua Pengurus Masjid Agung Al-Muawwanah Sanggau, Gusti Zulmainis bercerita bahwa material kubah yang sedang proses pemasangan ini memang sengaja didatangkan langsung dari Surabaya, Jawa Timur. Soal jumlahnya, ia mengakui mengandung beberapa makna.
“Ada tujuh kubah, artinya ada tujuh brand image Sanggau. Bisa juga tujuh itu, enam diantaranya rukum iman, satu di tengah Yang Maha Esa. Tapi secara estetika, kubah inikan berfungsi untuk keindahan,” jelasnya.

Untuk pemasangan kubah, memang langsung dikawal dari produsen kubah dari Surabaya. Untuk lapisannya ada lapisan dalam sebagai pelindung hujan dan lapisan luar sebagai fungsi estetika. “Kalau besarannya, itu tingginya 11 meter, nanti ada mascara di atasnya panjangnya 1,5 meter. Kalau diameternya, panjangnya 9 meter,” jelasnya.

Sekarang ini tahap pengerjaannya masih fokus pada lima kubah di setiap sudutnya. Sedangkan dua lagi akan pasang di bagian depan dekat pintu masuk.“Yang sekarang inikan memang proses pemasangan kubah dan flapon. Kalau flapon bahannya juga sudah ada, ini dipesan langsung dari Pontianak. Dalam dua bulan ke depan mungkin sudah bisa selesai,” jelasnya.

Penulis: Haryanto
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help