• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Senin, 28 Juli 2014
Tribun Pontianak

BREAKING NEWS: Pejabat Bea Cukai Entikong Terendus Miliki Rekening Rp 30 M

Kamis, 16 Januari 2014 20:56 WIB
BREAKING NEWS: Pejabat Bea Cukai Entikong Terendus Miliki Rekening Rp 30 M
Ilustrasi
ILUSTRASI

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, JAKARTA - Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dit Tipid Eksus) Mabes Polri membongkar kasus dugaan suap yang dilakukan oleh para pejabat di Bea dan Cukai Entikong, Kalimantan Barat.

Dua pejabat sudah diperiksa. Pertama, Langen Projo, mantan Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai di Entikong pada periode Juni 2009 sampai Januari 2011, yang kini menjabat Kepala Bidang Penindakan dan Penyidikan Kanwil Bea Cukai Riau dan Sumatera Barat.

Kedua, Syafrudin, mantan Kepala Seksi Kepabeanan Bea Cukai Entikong dari 2010 sampai 2013, yang kini menjabat Pelaksana Pemeriksa di PPNS Bea dan Cukai Pontianak.

Terkait Syafrudin, Direktur Tipid Eksus Brigjen Pol Arief Sulistyanto, dalam jumpa pers di Bareskrim Polri, Jl Trunojoyo, Jakarta Selatan, Kamis (16/1/2013), mengungkapkan, penyidik menemukan uang dalam rekening sekitar Rp 30,7 miliar yang diduga hasil suap.

Untuk menyamarkan asetnya, menurut Arief Sulistyanto, Syafrudin menggunakan rekening atas nama pembantunya, Ratiman.

Dalam tiga rekening atas nama Ratiman ditemukan uang dengan nilai Rp 19,7 miliar. Kemudian, dalam rekening atas nama Syafrudin, terdapat uang sebesar Rp 11 miliar.

Dari mana uang yang mencapai Rp 30,7 miliar itu? Arief menjelaskan, uang itu diduga berasal dari hasil suap pengusaha importir dan ekspedisi PT Kencana Lestari milik Hery Liwoto. "Hery ini diduga mengimpor segala jenis barang ilegal dari China seperti mebel, pertukangan," kata Arief.

Transaksi keuangan Syafruddin mudah dilacak polisi karena menggunakan e-banking. Suap diduga dilakukan Hery kepada oknum Bea Cukai ini diduga untuk memuluskan masuknya barang-barang ilegal tersebut ke Indonesia melalui perbatasan di Entikong.

Editor: Andi Asmadi
Sumber: Tribunnews
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas