• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Jumat, 25 April 2014
Tribun Pontianak

Ditunggu 5 Tahun, Film Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck Segera Tayang

Minggu, 24 November 2013 10:50 WIB
Ditunggu 5 Tahun, Film Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck Segera Tayang

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, JAKARTA - Film "Tenggelamnya Kapan Van Der Wijck" yang diadaptasi dari novel karya Buya Hamka siap ditayangkan pada 19 Desember 2013. Soraya Intercine Films selaku rumah produksi butuh waktu lima tahun untuk memproses novel terbitan 1939 itu.

Observasi, proses pra-produksi, casting, sampai penulisan skenario dimulai dari tahun 2008. Sunil Soraya selaku produser dan sutradara bahkan sempat ragu film ini akan dirampungkan.

"Enggak tahu film ini bisa apa enggak karena kan cukup ribet," cerita Sunil saat berbincang di kantornya di kawasan Wahid Hasyim, Jakarta, belum lama ini.

Ia mengaku menemui beberapa kesulitan, seperti membangun suasana di tahun 1930. Selain itu ia juga ingin menjaga keaslian cerita dengan membagun Kapal Van Der Wijck.

"Skenario butuh 2 tahun, riset tentang kapal sampai ketemu blue print yang ternyata ada di Belanda itu habis 3 tahun," paparnya.

Proses produksi berlangsung selama 6 bulan. Rencananya film dengan durasi selama 2 jam 45 menit itu akan tayang pada 19 Desember dengan bintang utama Herjunot Ali, Pevita Pearce, dan Reza Rahadian.

Sunil Soraya mengatakan, film ini akan 100 persen sama dengan buku karya Buya HAMKA dengan judul yang sama. "Saya kalau bikin adaptasi 100 persen sama, supaya penonton merasakan visualnya," katanya.

Sunil bahkan memutuskan untuk membuat ulang replika kapal Van Der Wijck. Itu lah yang membuat persiapan film ini cukup lama, hingga lima tahun. Proses pembuatan kapal itu pun memakan waktu lebih dari setahun.

Agar penonton yang telah membaca novel mendapat gambaran tentang kapal, replika Van Der Wijck pun dibuat semirip mungkin dengan aslinya, mulai dari bentuk,warna, hingga bobotnya.

Sunil menolak memberikan rincian tentang lokasi pengambilan gambar, termasuk kawasan perairan yang mereka gunakan untuk tenggelamnya Van Der Wijck. Ia bahkan mencari tahu bagaimana posisi kapal tersebut ketika tenggelam.

"Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck" bercerita kisah cinta Zainuddin dan Hayati yang terbentur adat dengan latar tahun 30-an.

Editor: Andi Asmadi
Sumber: Tribunnews
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
231393 articles 10 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI KOMENTAR SAYA
© 2014 TRIBUNnews.com All Right Reserved About Us Privacy Policy Help Terms of Use Redaksi Info iklan Contact Us Lowongan
Atas