• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 2 Oktober 2014
Tribun Pontianak

Ratusan Ekor Ternak di Pontianak Tak Layak Jadi Kurban

Minggu, 13 Oktober 2013 13:08 WIB
Ratusan Ekor Ternak di Pontianak Tak Layak Jadi Kurban
NET
HEWAN KURBAN - Sejumlah wanita cantik berbekal perangkat iPad menjadi Sales Promotion Girl (SPG) di mal hewan kurban di kawasan Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, belum lama ini. Para SPG itu menawarkam hewan kurban jenis sapi dan kerbau yang dijual di dengan harga mulai dari Rp 10 juta sampai Rp 200 juta. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kalbar, Abdul Manaf Mustafa, mengungkapkan, ratusan ekor ternak yang dijual di Pontianak belum layak untuk kurban. "Ini hasil pemantauan di sejumlah lokasi penjualan hewan kurban," kata Abdul Manaf Mustafa di Pontianak, Sabtu (12/10/2013).

Manaf mengatakan, ada 164 ekor sapi yang diperiksa di enam dari tujuh kecamatan di Kota Pontianak. Sedangkan untuk kambing, jumlahnya mencapai 655 ekor.

Hasilnya, lanjut dia, untuk hewan sapi, yang layak kurban sebanyak 129 ekor. Sementara untuk kambing, jumlah yang layak kurban hanya 142 ekor. "Data ini belum termasuk lokasi di Pontianak Timur, karena masih dalam pemeriksaan," ujarnya.

Manaf menjelaskan, sebanyak 99 persen hewan kurban kambing karena umur ternak belum mencapai satu tahun dan sisanya disebabkan terkena penyakit radang di bibir yang dipicu virus dan menular ke manusia. Sementara untuk sapi, tidak memenuhi syarat karena umur belum 1,5 tahun.

"Bagi yang memenuhi syarat, kami beri tanda peneng di kaki," ujar Manaf. Mengenai yang tidak memenuhi syarat, ia menyerahkan kepada pembeli dan keputusan alim ulama.

Tim terpadu dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Kalimantan Barat dan pihak terkait mendatangi setiap sentra penjualan hewan kurban terutama di Kota Pontianak. "Tim disebar di setiap kecamatan, tiap kecamatan ada tujuh orang," ungkapnya.

Manaf menjelaskan, pihaknya ingin menjamin bahwa hewan kurban yang dijual memenuhi aspek kesehatan hewan serta layak sesuai syariat.

Berdasarkan rapat yang melibatkan pedagang, peternak serta asosiasi, untuk ternak sapi stok mencapai 15.404 ekor, sedangkan kebutuhan diperkirakan 5.983 ekor. Sedangkan untuk ternak kambing, stok mencapai 8.614 ekor, dan kebutuhan diperkirakan 3.750 ekor.

Editor: Andi Asmadi
Sumber: Antara
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
202493 articles 10 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas