• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 30 Oktober 2014
Tribun Pontianak

Disdik: Melawi Kekurangan 1600 Guru

Selasa, 27 Agustus 2013 22:23 WIB
Disdik: Melawi Kekurangan 1600 Guru
TRIBUN PONTIANAK/SUHENDRA YUSRI
Para guru perbatasan mendatangi Dinas pendidikan

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, MELAWI - Kepala Dinas Pendidikan Melawi, Paulus mengungkapkan, Kabupaten Melawi masih kekurangan 1.600 guru. Saat ini, guru yang berstatus pegawai negeri ada sebanyak 1.992 guru yang tersebar di 407 sekolah dari tingkat TK sampai SMA/SMK.

"Kalau dilihat dari kebutuhan semestinya guru kita diatas tiga ribuan untuk idealnya," kata Paulus kepada Tribunpontianak.co.id, belum lama ini.

Paulus mengungkapkan, kekurangan tersebut bisa saja bertambah karena selama dua terakhir pemkab Melawi tidak merekrut guru lantaran adanya moratoriun CPNS yang ditentukan oleh pemerintah pusat. Disisi lain sejumlah guru ada yang memasuki masa pensiun.

"Belum lagi kalau ada guru yang meninggal atau pindah tugas ke daerah lain.Makanya Melawi sebenarnya sangat membutuhkan tambahan guru baru," terang Paulus.

Dari analisis yang dilakukan dinas pendidikan, kebutuhan aparatur pemerintah hingga 2015 mendatang mencapai 3000. Selain itu juga, 407 sekolah juga masih akan bertambah karena pemerintah akan membangun beberapa unit sekolah baru termasuk beberapa sekolah satu atap (Satap). "Ini juga memerlukan tenaga pengajar," jelasnya.

Beruntung, kata Paulus selama ini kekurangan guru dapat diatasinya dengan keberadaan guru kontrak daerah dan guru yang berstatus honor komite. Dari data yang disampaikan setidaknya ada 382 guru berstatus kontrak daerah dan 1.007 guru berstatus guru honor komite yang digaji menggunakan dana BOS.

Penulis: Ali Anshori
Editor: Jamadin
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas