• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Jumat, 31 Oktober 2014
Tribun Pontianak

Nilai Tukar Rupiah Rp 11.300 per Dolar AS

Kamis, 22 Agustus 2013 17:36 WIB
Nilai Tukar Rupiah Rp 11.300 per Dolar AS
net
ilustrasi

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, JAKARTA - Pergerakana nilai tukar rupiah terus melorot. Menurut data Bloomberg pergerakan nilai tukar rupiah terus merosot, pada hari Kamis (22/8/2013) pergerakan nilai tukar rupiah mencapai Rp 11.027 per dollar AS atau melemah sebanyak 252 atau 2,33 persen jika dibandingkan pada Rabu (21/8/2013) pergerakan rupiah mencapai 10.770.

Dalam pasar spot valas rupiah di jual diatas Rp 11, 000 per dollar AS. Bank Mandiri misalnya menjual rupiah di kisaran Rp 11.257 per dollar AS. Sedangkan Bank BCA menjual rupiah di kisaran Rp 11.300 per dollar AS pada Kamis (22/8/2013).

Kepala Riset Trust Securities, Reza Priyambada, mengatakan suasana merah masih menyelimuti laju rupiah. Hal ini karena adanya sentimen dari pengurangan stimulus The Fed yang kelak menjadi isu utama dalam pelemahan rupiah.

"Apalagi dalam 2 hari ini akan diadakan rapat bulanan dari FOMC. Selain itu, adanya ekspektasi rilis data-data AS yang akan dirilis pada Rabu (21/8) waktu AS, angka diperkirakan akan lebih baik turut menambah sentimen negatif," kata Reza di Jakarta, Kamis (22/8/2013)

Pergerakan rupiah masih menanti Minutes of Meeting dari The Fed yang akan memberikan signal mengenai keputusan The Fed akan kelanjutan dari stimulus.

Aliran dana dari The Fed yang sebesar 85 miliar dollar AS per bulan diperkirakan akan mulai dikurangi pada bulan September seiring dengan perbaikan keadaan lapangan kerja di US, dan akan mendorong terjadinya capital outflow dari seluruh dunia, khususnya negara-negara berkembang.

Akibat dari pencabutan stimulus the fed adalah yield obligasi AS untuk tenor 10 tahun semakin menaik, begitupun dengan yield Surat Utang Negara (SUN) yang juga meningkat turut menambah sentimen negatif di pasar. Sehingga adanya pembelian obligasi dalam dollar AS secara besar-besaran.
"Jadi jika The Fed berhentikan stimulus peralihan dana asing ke negaranya kembali dengan cepat dan akan memukul pergerakan nilai tukar rupiah," tuturnya.

Ia menjelaskan dalam beberapa hari ini memang terlihat terjadi peningkatan terhadap kepengurusan SKCK dan keperluannya bervariasi mulai dari untuk melamar pekerjaan hingga masuk keperguruan tinggi.

Menurutnya beberapa persyaratan untuk mengurus SKCK diantaranya proses mengurus SKCK terdiri dari tiga tahap. Pertama, pemohon menyerahkan persyaratan yang terdiri dari surat keterangan dari kelurahan setempat, fotokopi kartu tanda penduduk dan kartu keluarga, menyerahkan foto warna berkerah 4x6 sebanyak 7 lembar dan 2x3 sebanyak 1 lembar, kemudian dilakukan proses identifikasi.

"Pemohon SKCK mengisi formulir atau screening, diantaranya mengisi data pribadi dan keluarga, mengisi riwayat sekolah, pekerjaan, organisasi masyarakat atau politik dan diwawancana mengenai permasalahan kriminal. Selanjutnya permohonan dari pembuat SKCK diproses dan dikeluarkan SKCK," ungkapnya.

Ia menambahkan dari hasil indentifikasi yang dilakukan baik dari foto atau sidik jari dan persyaratan yang dipenuhi apabila adanya catatan kriminal tetap diproses dan diberikan catatan bahwa yang bersangkutan pernah terlibat tindak pindana.

"Kita tetap berikan SKCK dan dikembalikan masing instansi yang akan memperkerjakan warga tersebut," katanya.

Editor: Jamadin
Sumber: Tribunnews
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas